Pengertian 7 Jenis Bank dan Contohnya, Mulai dari Bank Sentral Hingga Bank Umum

By Niken Bestari, Kamis, 8 Desember 2022 | 20:00 WIB
Apa pengertian dan contoh 7 jenis bank yang masuk dalam pelajaran IPS kelas 8? Kita simak pengertian 7 jenis bank dan contohnya, yuk! (Freepik)

Bobo.id - Tahukah teman-teman? Ada 7 jenis bank yang memiliki pengertian masing-masing? Mengetahui pengertian dan jenis bank ternyata perlu bagi pelajar, karena materi ini termasuk pada kisi-kisi materi IPS.

Indonesia memiliki keberagaman kondisi geografis yang memberikan keuntungan ekonomi pada masing-masing wilayah.

Untuk memfasilitasi keperluan ekonomi rakyat, pemerintah menyediakan lembaga keuangan untuk membantu rakyat yang bertujuan meningkatkan taraf kesejahteraan.

Lembaga keuangan adalah badan usaha yang mengumpulkan aset dalam bentuk dana dari masyarakat yang nantinya disalurkan pada proyek pembangunan dan kegiatan ekonomi.

Nantinya, masyarakat akan mendapatkan timbal balik berupa bunga yang merupakan persentase dari dana yang disalurkan. Nah, salah satu bentuk lembaga keuangan ini adalah bank, teman-teman.

Dirangkum dari Gramedia.com, bank adalah lembaga keuangan yang memiliki wewenang untuk menerima simpanan uang, meminjamkan uang, dan menerbitkan surat sanggup bayar. Nama bank berasal dari bahasa Italia "banca" yang berarti tempat penukaran uang.

7 Jenis Bank: Pengertian dan Contohnya

Menurut segi operasionalnya, bank memiliki tujuh jenis yang harus teman-teman ketahui. Berikut ini adalah pengertian 7 jenis bank dan contohnya.

1. Bank Sentral

Pengertian: Menurut situs Kemdikbud.go.id, Bank Sentral adalah bank bertanggung jawab untuk mengawasi sistem moneter suatu negara.

Bank sentral memiliki berbagai tanggung jawab, dari mengawasi kebijakan moneter untuk melaksanakan tujuan tertentu seperti stabilitas mata uang, inflasi yang rendah dan kesempatan kerja penuh.

Baca Juga: Uang Rusak? Ini Cara Menukar Uang Rusak dan Syarat-syaratnya