Cerpen Anak: Abe si Anak Laut #MendongenguntukCerdas

By Sarah Nafisah, Senin, 12 Desember 2022 | 18:15 WIB
Cerpen Anak: Abe si Anak Laut (Designed by Canva)

Bobo.id - Apakah ada di antara teman-teman yang tinggal di sekitaran pantai? Kalau iya, apakah kamu pandai berenang?

Biasanya orang yang tinggal di dekat pantai mahir berenang karena terbiasa untuk bermain di laut.

Nah, kali ini Bobo membawa cerpen tentang kisah anak bernama Abe yang tinggal di pulau kecil dekat pulau Sulawesi. Ia pandai berenang, lo.

Seperti apa cerpennya? Yuk, kita baca bersama!

Abe si Anak Laut 

Cerita oleh: Arsip dan dokumentasi Majalah Bobo

Abe tinggal di salah satu pulau kecil di sekitar pulau Sulawesi. Pulau tempat tinggalnya itu sangat indah. Sayangnya, Abe hidup sangat miskin. Ia anak yatim piatu, tak punya ayah dan ibu.

Untungnya, ada Kak Muel yang mengizinkan Abe tinggal di pondok kecilnya di dekat pantai. Kak Muel adalah pemuda baik hati yang sebatang kara. Sehari-hari, ia mendapat upah dengan membersihkan perahu-perahu nelayan. Upah itu dipakainya untuk membeli makanan buat ia dan Abe.

Walau upahnya sangat kecil, Kak Muel rela membelikan Abe buku dan pensil. Dengan tekun, ia mengajari Abe membaca dan menulis. Setiap pagi, ia juga menemani Abe pergi ke sekolah gratis untuk anak-anak pulau.

Untuk membantu Kak Muel, Abe sering berenang di laut, mendekati kapal wisatawan. Jika melihat anak-anak pulau, para wisatawan di kapal biasanya melemparkan uang koin ke laut. Mereka ingin melihat kehebatan anak-anak pulau menyelam. Abe sering menyelam ke laut untuk mengumpulkan koin-koin itu.

Abe sangat menyukai pekerjaan ini. Abe sangat terlatih menahan napas di dalam air. Ia sangat suka berada di dalam air laut yang hangat dan jernih. Ia bisa melihat sampai ke dasar laut. Ada banyak ikan cantik berenang di sekelilingnya ketika ia menyelam mengambil uang koin. Selain itu, ia juga bangga jika melihat mata kagum para wisatawan yang melihat kehebatannya menyelam.

Baca Juga: Cerpen Anak: Sandal untuk Mona #MendongenguntukCerdas