4 Cara Sederhana Mengatasi Perut Kembung, Bisa Diatasi Sendiri

By Grace Eirin, Minggu, 15 Januari 2023 | 12:00 WIB
Perut kembung bisa terjadi tiba-tiba, ini cara mudah mengatasinya. (freepik/kroshka-natsya)

Bobo.id - Teman-teman, pernahkah kamu mengalami perut kembung di sekolah atau di tempat umum? 

Hal ini akan menyebabkan beragam kegiatan kita terhambat dan terganggu, terutama jika terjadinya perut kembung saat kita sedang belajar di sekolah. 

Sebagian orang berpendapat perut kembung akan hilang dengan sendirinya. Namun, apa yang terjadi jika perut kembung tak kunjung hilang? 

Dalam pengertian medis, perut kembung merupakan gangguan pencernaan yang terjadi akibat masuknya gas ke dalam saluran pencernaan. 

Dilansir dari Alodokter.com, gas bisa berasal dari udara yang masuk saat kita makan dan minum, atau terbentuk ketika bakteri di usus besar memecah karbohidrat yang tidak bisa dicerna saluran pencernaan. 

Makan dan minum terlalu cepat juga bisa sebabkan perut kembung, karena ada lebih banyak udara yang tertelan dan masuk ke tubuh.

Selain itu, beberapa makanan mengandung gas, seperti brokoli, susu, bawang, kacang, dan apel juga bisa menyebabkan perut kembung.

Sebenarnya, ada beberapa cara yang bisa kita lakukan secara mandiri untuk mengatasi gejala perut kembung tanpa perlu bantuan obat. Yuk, simak!

Cara Mengatasi Perut Kembung secara Mandiri

1. Hindari Pemanis Buatan

Jika kamu mengalami gangguan perut kembung di sekolah atau di tempat umum, segera hentikan kegiatan makan dan minum yang mengandung pemanis buatan. 

Baca Juga: 3 Minuman Alami yang Bisa Bantu Sembuhkan Sakit Tenggorokan, Apa Saja?