Jangan Dilakukan, Hewan Liar Tidak Boleh Sembarangan Diberi Makanan Manusia, Mengapa?

By Grace Eirin, Sabtu, 18 Februari 2023 | 19:00 WIB
Bolehkah kita memberi makanan manusia pada hewan liar? (Mikhail Nilov/pexels)

Bobo.id - Hewan liar merupakan hewan yang hidup di lingkungan alami, tidak dijinakkan manusia, dan beradaptasi dengan cara mereka sendiri. 

Kita dapat menemukan hewan liar di sekitar, terutama jika tempat tinggal kita berdekatan dengan ekosistem alami seperti hutan, sungai, dan sebagainya. 

Nah, ketika kita bertemu dengan hewan liar, tidak sebaiknya kita memberi mereka makan. 

Meskipun hal tersebut dilakukan dengan alasan agar hewan tidak kelaparan, memberi makan satwa liar tidak selalu merupakan hal baik, teman-teman. 

Mengapa begitu? Kali ini Bobo akan mengajak teman-teman belajar untuk tidak memberi makan hewan liar, terutama makanan manusia. 

Membahayakan Hewan

Dilansir dari National Geographic, para ahli biologi dan satwa mengatakan bahwa memberi makanan pada hewan liar justru membahayakan hewan. 

Jeannine Fleegle, seorang ahli biologi dari Pennsylvania State Game Commission, menjelaskan proses memberi makan hewan liar justru dapat menyebabkan penularan penyakit dan parasit. 

Di alam liar, kita tidak benar-benar dapat mengetahui kondisi kesehatan hewan. 

Hewan bisa saja mendapatkan penyakit dari virus dan parasit di sekitar habitat aslinya. Ini dapat menular melalui urine, air liur, maupun feses. 

Ketika kita memberikan hewan makanan yang berada di tempat makan khusus, tempat makan tersebut akan bersentuhan langsung dengan lidah. 

Baca Juga: 6 Fakta Unik Tarantula, Laba-Laba Beracun yang Miliki Usia Panjang