5 Faktor Internal dan Eksternal yang Memicu Munculnya Rasa Kebangsaan Indonesia

By Fransiska Viola Gina, Kamis, 23 Februari 2023 | 08:30 WIB
Faktor internal dan eksternal yang memicu rasa kebangsaan Indonesia. (freepik)

Bobo.id - Pada materi kelas 5 SD/MI tema 7, kita akan belajar bersama tentang masa pergerakan kebangsaan atau pergerakan nasional.

Diketahui, munculnya rasa kebangsaan Indonesia berasal dari keinginan kuat rakyat Indonesia untuk merdeka dan juga berdaulat. 

Sejak abad ke-19, mulai muncul benih-benih rasa kebangsaan atau nasionalisme bagi bangsa-bangsa di Asia dan Afrika, tak terkecuali Indonesia. 

Banyak faktor yang memicu munculnya rasa kebangsaan di Indonesia. Salah satunya kenangan kejayaan di masa lalu. 

Kenangan kejayaan masa lalu, khususnya pada kejayaan Kerajaan Majapahit dan Sriwijaya serta kebesaran kerajaan-kerajaan Islam. 

Ketika masa Kerajaan Majaphit, kerajaan itu mampu menguasai seluruh Nusantara. Artinya, timbul kejayaan dan kesejahteraan masyarakat. 

Sementara itu, adapun pada masa Sriwijaya, kerajaan mampu berkuasa di lautan karena memiliki pasukan maritim yang kuat, teman-teman. 

Ayo Berdikusi!

Pada buku tematik halaman 48, kita diminta untuk menuliskan faktor-faktor lain yang memicu munculnya rasa kebangsaan Indonesia. 

Teman-teman diminta untuk mengisi kolom faktor internal dan faktor eksternal yang memicu munculnya rasa kebangsaan Indonesia. 

Berikut ini alternatif jawaban yang bisa teman-teman gunakan untuk menjawab soal Ayo Berdiskusi di halaman 48. Simak, yuk!

Baca Juga: Mengapa Berbagai Bentuk Perlawanan Terhadap Belanda Sering Mengalami Kegagalan?