6 Fakta Unik Macan Tutul, Kucing Besar yang Bisa Memanjat Pohon Hingga 15 Meter!

By Fransiska Viola Gina, Jumat, 3 Maret 2023 | 19:45 WIB
Fakta menarik seputar macan tutul. (PIXABAY/Pexels)

Bobo.id - Teman-teman tentu sudah tidak asing lagi dengan macan tutul. Yap! Hewan ini merupakan salah satu predator di alam liar. 

Macan tutul yang punya nama ilmiah Panthera pardus ini adalah salah satu dari empat jenis kucing besar yang ada di dunia. 

Jika dilihat secara sekilas, hewan ini sering dikira sama dengan cheetah dan jaguar. Hal ini karena bintik-bintik hitam di tubuhnya.

Padahal, bintik hitam pada tubuh macan tutul lebih lebar dan terdiri dari dua warna, yakni hitam dan coklat atau merah. Bentuknya seperti bercak.

Keberadaan macan ini dapat pula ditemui di Pulau Jawa. Bahkan, macan tutul menjadi satwa identitas dari Provinsi Jawa Barat, lo.

Macan tutul dikenal tangguh dengan tubuh ramping dan kaki yang berukuran pendek dengan ekor panjang sebagai alat keseimbangan tubuh. 

Berat macan tutul berkisar antara 28-90 kilogram dengan tinggi sekitar 57-70 sentimeter dengan panjang antara 90-190 sentimeter.

Kali ini Bobo akan mengajak teman-teman untuk berkenalan lebih dekat dengan macan tutul lewat fakta-fakta menariknya. Simak, yuk!

1. Macan Tutul adalah Pelari yang Cepat

Tahukah teman-teman? Seperti hewan predator lainnya, macan tutul ternyata memiliki kemampuan berlari yang cepat, lo. 

Macan tutul termasuk kucing yang cepat, karena dapat berlari dengan kecepatan mencapai 58 kilometer per jam.

Baca Juga: Tidak Bisa Mengaum atau Mendengkur, Ini 3 Fakta Menarik dari Macan Tutul Salju