Cari Jawaban Kelas 5 SD Tema 7, Apakah Republik Indonesia Serikat Itu?

By Fransiska Viola Gina, Sabtu, 4 Maret 2023 | 08:00 WIB
Apakah Republik Indonesia Serikat Itu? (Wikimedia Commons/Davidelit)

Bobo.id - Pada buku tematik kelas 5 SD/MI tema 7, kita akan belajar tentang Republik Indonesia Serikat atau yang biasa dikenal dengan RIS. 

Setelah memprokalamasikan diri pada 17 Agustus 1945, Indonesia masih saja mendapatkan ancaman dari Belanda, teman-teman. 

Setelah melalui berbagai peristiwa perlawanan, baik fisik maupun diplomasi, tibalah waktunya pengakuan kedaulatan Indonesia. 

Masih ingatkah kamu salah satu isi Perjanjian Roem Royen? Yap! Salah satu isinya adalah akan segera diselenggarakan Konferensi Meja Bundar (KMB).

KMB adalah pertemuan antara perwakilan Republik Indonesia, Belanda, dan BFO yang mewakili sejumlah negara ciptaan Belanda di Indonesia.

Salah satu hasil KMB adalah Belanda akan menyerahkan sepenuhnya kedaulatan kepada Republik Indonesia Serikat pada akhir Desember 1949.

Ayo Berlatih!

Apakah Republik Indonesia Serikat (RIS) itu? Carilah informasi mengenai RIS. Informasi dapat diperoleh lewat studi pustaka, diskusi, dan wawancara.

Apakah Republik Indonesia Serikat Itu?

Republik Indonesia Serikat (RIS) adalah suatu negara federasi yang berdiri pada tanggal 27 Desember 1949 sebagai hasil Konferensi Meja Bundar. 

Pembentukan Republik Indonesia Serikat ini berdasarkan keputusan tiga pihak dalam Konferensi Meja Bundar, antara lain:

Baca Juga: Cari Jawaban Kelas 5 SD Tema 7, Kapan Peristiwa Konferensi Meja Bundar Terjadi?