Mengapa Hari Musik Nasional Diperingati Tanggal 9 Maret? Ini Alasannya

By Grace Eirin, Kamis, 9 Maret 2023 | 09:30 WIB
Hari Musik Nasional diperingati setiap tanggal 9 Maret. (Juan Pablo Serrano Arenas/pexels)

Bobo.id - Hari ini, 9 Maret, masyarakat Indonesia memperingati Hari Musik Nasional. Mengapa diperingati setiap tanggal 9 Maret? 

Penetapan Hari Musik Nasional bertepatan dengan tanggal lahir komponis besar Indonesia, Wage Rudolf Supratman, yaitu 9 Maret 1903. 

Dilansir dari kominfo.go.id, Persatuan Artis Pencipta Lagu dan Penata Musik Rekaman Indonesia (PAPPRI) mengusulkan tentang peringatan Hari Musik Nasional, sejak tahun 2003.

Sepuluh tahun kemudian, Presiden Republik Indonesia keenam, Susilo Bambang Yudhoyono menetapkan 9 Maret sebagai Hari Musik Nasional melalui Keppres No. 10 Tahun 2013

Hingga saat ini, setiap 9 Maret, kita akan terus mengembangkan kebanggaan terhadap musik nasional dan karya-karya dari insan musik Indonesia. 

Berhubungan dengan 9 Maret yang merupakan hari lahir Wage Rudolf Supratman, apakah teman-teman sudah mengenal tokoh ini? 

Wage Rudolf Supratman adalah pencipta lagu kebangsaan, Indonesia Raya, yang dibawakan pertama kali pada Kongres Pemuda II, 28 Oktober 1928 di Jakarta. 

Kali ini, Bobo akan mengajak teman-teman mengenal Wage Rudolf Supratman dari fakta tokoh berikut. Yuk, simak!

Biografi WR Supratman

Hari lahir WR Supratman sempat menjadi perdebatan, karena ada yang mengatakan beliau lahir 9 Maret, namun ada juga yang mengatakan hari kelahirannya 19 Maret. 

Dilansir dari Kompas.id, Wage Rudolf Supratman sebenarnya lahir pada 19 Maret 1903 di Dusun Trembelang, Kabupaten Purworejo, Provinsi Jawa Tengah. 

Beliau adalah putra ketujuh dari sembilan bersaudara, yang lahir dari Ibu Siti Senen.

Baca Juga: Manfaat Mendengarkan Musik bagi Anak-Anak, Salah Satunya Membantu Kepercayaan Diri