7 Jenis Musik Berdasarkan Alirannya, Lengkap dengan Ciri Khasnya

By Grace Eirin, Kamis, 9 Maret 2023 | 16:00 WIB
Jenis musik berdasarkan alirannya ada beragam, cari tahu, yuk! (Alexander Zvir from Pexels)

Bobo.id - Teman-teman, di Hari Musik Nasional ini sudahkah kamu menunjukkan apresiasimu terhadap musik Indonesia? 

Ada banyak cara untuk memperingati Hari Musik Nasional, misalnya mendengarkan musik lokal, mengenal penyanyi dan musisi Indonesia, mencari tahu lagu anak-anak, atau memainkan musik di acara tertentu. 

Kali ini Bobo akan mengajak kamu untuk memperingati Hari Musik Nasional dengan mengenal beragam jenis musik berdasarkan alirannya. 

Di antara teman-teman semua pasti memiliki selera genre musik yang berbeda. Meski begitu, pada dasarnya semua genre musik menyenangkan untuk didengar. 

Ada banyak genre musik yang dikenal di dunia, namun kita hanya akan mengenal 7 di antaranya. Ada apa saja? Yuk, cari tahu!

1. Genre Pop

Genre musik pop adalah aliran musik yang paling populer dan mudah diterima semua orang, oleh karena itu namanya genre 'pop', singkatan dari 'popular'.

Dilansir dari britannica.com, musik pop dibuat secara komersial untuk diterima dan dihargai oleh khalayak luas. 

Musik pop diketahui tumbuh bersamaan dengan mulai dikenalnya genre musik rock 'n roll, sekitar tahun 1950-an di Amerika Serikat dan Inggris.

Menurut themusicstudio.ca, ciri khas dari musik pop yaitu menggunakan akord sederhana dan umum, memadukan akord mayor dan minor, menggunakan tempo yang bervariasi. 

2. Genre Rock

Genre rock yang sering dikenal dengan musik rock 'n roll merupakan musik populer dari Amerika Serikat yang berkembang pada pertengahan 1950-an. 

Dilansir dari masterclass.com, musik rock 'n roll memadukan unsur ritme, blues, jazz, dan musik country dengan tambahan alat musik elektrik. 

Baca Juga: Sejarah Musik di Indonesia, Ternyata Sudah Ada Sejak Zaman Kerajaan Hindu-Buddha