22 Kerajaan Hindu Buddha di Nusantara dan Nama Penguasa di Zaman Keemasan

By Niken Bestari, Selasa, 14 Maret 2023 | 19:30 WIB
Banyak sekali kerajaan bercorak Hindu Buddha yang pernah ada di Nusantara atau Indonesia. (Charl Durand/pexels)

Bobo.id - Saat kita belajar sejarah Nusantara di masa lalu, tentu tidak ketinggalan materi mengenai kerajaan Hindu-Buddha.

Menurut Britannica, kerajaan Hindu-Buddha di Nusantara adalah sebutan untuk serangkaian kerajaan yang berdiri di wilayah Indonesia pada periode sejarah antara abad ke-4 hingga abad ke-16 Masehi.

Kerajaan-kerajaan ini umumnya menganut agama Hindu atau Buddha, dan mengalami perkembangan dan kemajuan yang pesat dalam bidang seni, budaya, perdagangan, dan politik.

Beberapa contoh kerajaan Hindu-Buddha di Nusantara adalah Kerajaan Tarumanegara, Kerajaan Kalingga, Kerajaan Sriwijaya, Kerajaan Medang, Kerajaan Majapahit, dan banyak lagi.

Periode Hindu-Buddha di Nusantara dianggap sebagai masa keemasan peradaban Indonesia karena menyumbangkan banyak warisan budaya, seni, dan arsitektur yang penting dan masih dihargai hingga saat ini.

Masa keemasan itu terbukti dengan ditemukannya bukti-bukti sejarah dari kerajaan bercorak Hindu-Buddha yang pernah berdiri di Nusantara.

Apa saja contoh kerajaan Hindu-Buddha tersebut?

Contoh Kerajaan Hindu-Buddha dan Penguasa di Zaman Keemasan

Berikut adalah 22 kerajaan Hindu-Buddha yang pernah ada di Nusantara, disertai dengan nama-nama penguasanya pada zaman keemasannya:

1. Kerajaan Salakanagara (130-362 M) - belum diketahui nama penguasanya

2. Kerajaan Tarumanegara (358-669 M) - Purnawarman

Baca Juga: 19 Daftar Nama Kerajaan Hindu-Buddha di Indonesia, dari Kutai hingga Majapahit