Tidak Mengorbit Matahari, Ada Planet yang Dinamakan Super-Bumi, Mengapa?

By Grace Eirin, Rabu, 15 Maret 2023 | 16:30 WIB
Planet super-bumi adalah planet yang ukurannya lebih besar dari Bumi, namun tidak mengorbit Matahari. (Planet Volumes/Unsplash)

Bobo.id - Selama tiga dekade terakhir, NASA telah menemukan banyak sekali planet aneh yang termasuk eksoplanet, salah satunya planet Super-Bumi

Planet Super-Bumi memiliki ukuran yang 10 kali lebih masif daripada Bumi, yang sebagian besar komponennya terdiri dari gas padat. 

Menurut definisi dari International Astronomical Union, planet adalah objek yang mengorbit dan mengelilingi Matahari, berukuran besar, dan memiliki gaya gravitasinya sendiri. 

Namun, eksoplanet merupakan semua objek astronomi berukuran besar dan memiliki gravitasi yang tidak mengorbit Matahari, atau mengorbit bintang lain. 

Berbeda dengan jenis planet pada umumnya, planet-planet yang termasuk eksoplanet sangat sulit dilihat secara langsung menggunakan teleskop. 

Sebab, eksoplanet tersembunyi oleh cahaya terang dari bintang-bintang yang mereka orbit. 

Agar tetap mengetahui kondisi dan karakteristiknya, para astronom mencari eksoplanet dengan melihat efek planet tersebut terhadap bintang yang diorbit. 

Nah, kali ini Bobo akan mengajak teman-teman mengenal planet Super-Bumi sebagai bagian dari eksoplanet. Yuk, simak!

Mengapa Disebut Super?

Dilansir dari nasa.gov, Super-Bumi merupakan sebutan untuk eksoplanet yang ukurannya lebih besar daripada Bumi, namun lebih kecil dari Neptunus. 

Meskipun bernama Super-Bumi, sebenarnya planet-planet ini tidak mirip dengan planet kita, teman-teman. 

Baca Juga: Hari Ini Bulan Berada pada Fase Kuartal Terakhir, Bagaimana Kondisinya?