20 Contoh Peran Masyarakat dalam Implementasi Wawasan Nusantara di Berbagai Bidang

By Niken Bestari, Minggu, 2 April 2023 | 19:00 WIB
Apa saja contoh peran masyarakat dalam implementasi Wawasan Nusantara di berbagai bidang? Kita bahas satu persatu, yuk! (Freepik)

Bobo.id - Pada pelajaran PPKn kelas 10, kita belajar peranan masyarakat dalam implementasi Wawasan Nusantara di berbagai bidang.

Nah, materi ini kita pelajari pada Subbab Peran Serta Warga Negara Mendukung Implementasi Wawasan Kebangsaan, Bab Wawasan Nusantara dalam Konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Wawasan Nusantara adalah konsep tentang cara pandang terhadap Indonesia sebagai negara kepulauan yang memiliki banyak keanekaragaman budaya, bahasa, agama, serta keanekaragaman alam.

Wawasan Nusantara harus dijadikan arahan, pedoman, acuan, dan tuntutan bagi setiap warga negara Indonesia dalam membangun dan memelihara tuntutan bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Oleh sebab itu, implementasi atau penerapan Wawasan Nusantara harus tercermin pada pola pikir, pola sikap, dan pola tindak yang senantiasa mendahulukan kepentingan bangsa daripada kepentingan pribadi atau golongan.

Peranan masyarakat dalam implementasi Wawasan Nusantara juga harus dilakukan di berbagai bidang, meliputi bidang politik, ekonomi, sosial budaya, hukum, dan pertahanan keamanan.

Apa saja contoh peran masyarakat dalam implementasi Wawasan Nusantara pada bidang-bidang tersebut?

Contoh Peranan Masyarakat dalam Implementasi Wawasan Nusantara

a. Bidang Politik

1. Menghargai keberagaman suku, agama, dan budaya dalam membangun kebijakan politik yang adil dan merata untuk semua rakyat Indonesia.

2. Mengembangkan hubungan yang baik antarnegara di kawasan Asia Tenggara, yang didasarkan pada prinsip-prinsip perdamaian, saling menghormati, dan saling menguntungkan.

3. Membangun kesadaran nasional yang kuat, sehingga rakyat Indonesia memiliki kesadaran dan kebanggaan atas identitas dan sejarah bangsa.

4. Memperkuat sistem demokrasi dan keadilan sosial di Indonesia, sehingga seluruh rakyat Indonesia memiliki kesempatan yang sama untuk berpartisipasi dalam kehidupan politik dan ekonomi negara.

Baca Juga: 5 Contoh Keberhasilan dan Ketidakberhasilan Penerapan Asas Wawasan Nusantara di Bidang Hankam