Apakah Cuaca Ekstrem Panas Mendidih Membahayakan Penduduk Bumi?

By Grace Eirin, Rabu, 12 April 2023 | 19:30 WIB
Cuaca ekstrem panas mendidih terjadi di beberapa wilayah di Indonesia. (Freepik)

Bobo.id - Hari ini, akun resmi Instagram BMKG @infobmkg membagikan imbauan kepada masyarakat yang berada di luar ruangan, untuk menggunakan tabir surya.

Postingan cerita tersebut dibagikan dengan lampiran informasi indeks ultraviolet sinar matahari. 

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) juga merilis informasi suhu maksimum harian di Indonesia pada 11-12 April 2023.

Berita ini disampaikan sebagai bentuk respons atas terjadinya cuaca ekstrem panas mendidih

Belakangan ini, wilayah timur Indonesia, Papua dan Maluku akan mengalami paparan sinar ultraviolet dengan risiko bahaya tinggi.

Semakin siang, sinar ultraviolet akan semakin intens memancar di wilayah Indonesia, yakni pada pukul 10.00 hingga 13.00.

Dari informasi indeks ultraviolet sinar matahari yang dibagikan oleh BMKG dari akun Instagramnya, kita dapat melihat ada beberapa petunjuk warna.

Admin akun Instagram @infobmkg mengimbau "Bagi sobat yang bekerja di lapangan dan tidak ada tutupan awan, di daerah berwarna ungu, sebaiknya menggunakan sunscreen atau pelindung".

Faktanya, warna ungu pada indeks ultraviolet sinar matahari menunjukkan kategori 'Ekstreme'. 

Kategori 'Ekstreme' berarti sinar ultraviolet dapat memberikan risiko bahaya sangat ekstrem bagi penduduk di wilayah yang berwarna skala ungu. 

Adapun daerah yang termasuk ke dalam skala ungu hari ini yaitu sebagian besar wilayah Papua, bergeser terus ke barat hingga wilayah Sumatra, pada pukul 13.00 WIB, tanggal 12 April 2023. 

Baca Juga: Sejumlah Wilayah di Indonesia Mengalami Cuaca Ekstrem Panas Mendidih, Apa Itu?