6 Contoh Spoof Text Bahasa Inggris beserta Struktur dan Artinya

By Niken Bestari, Senin, 17 April 2023 | 11:30 WIB
Bagaimana cara menulis spoof text? (Freepik)

Bobo.id - Pada pelajaran Bahasa Inggris tingkat atas, kita belajar mengenai salah satu jenis teks yang bernama spoof text.

Spoof text adalah teks yang dibuat dengan tujuan untuk menghibur pembaca dengan cara meniru atau memparodikan suatu hal atau situasi secara lucu dan menggelitik.

Spoof text biasanya mengambil topik atau tema yang populer, seperti berita terkini, film terbaru, acara televisi, atau cerita fiksi terkenal, lalu memodifikasi atau mengubahnya dengan cara yang tidak terduga dan menggelikan.

Tujuan utama dari spoof text adalah untuk membuat pembaca tertawa atau menghibur, bukan untuk memberikan informasi yang benar atau serius.

Oleh karena itu, cerita dalam spoof text sering kali tidak masuk akal atau sangat berlebihan, dan beberapa bagian dari cerita mungkin bertentangan dengan kenyataan atau logika.

Struktur Spoof Text

Spoof text memiliki struktur yang mirip dengan jenis teks naratif lainnya, seperti recount text, narrative text, atau story text.

Namun, perbedaannya terletak pada isi dan tujuan dari teks tersebut. Berikut adalah struktur umum dari spoof text:

1. Orientation: Bagian ini mengenalkan pembaca pada latar belakang atau situasi yang akan diparodikan atau dimodifikasi.

2. Events: Bagian ini berisi kisah yang lucu atau tidak masuk akal yang disajikan dengan cara yang menghibur. Cerita dalam spoof text seringkali tidak logis atau bertentangan dengan kenyataan.

3. Twist: Bagian ini merupakan puncak cerita atau bagian yang mengejutkan pembaca dengan ending yang tidak terduga dan lucu.

Baca Juga: Spoof Text: Penjelasan, Struktur, Tujuan, Ciri-Ciri, dan Contoh