Bobo.id - Pada materi kelas 5 SD tema 9 subtema 1, kita akan belajar bersama untuk mengidentifikasi iklan di media massa.
Mengutip Kemdikbud, iklan adalah teks yang mendorong, membujuk khalayak agar tertarik pada barang dan jasa yang ditawarkan.
Umumnya,iklan disampaikan melalui berbagai media massa, seperti televisi, radio, surat kabar, majalah, dan juga internet.
Iklan juga dijadikan sebagai media untuk memberitahukan pada khalayak mengenai barang atau jasa yang dijual dan ditawarkan.
Efek langsung iklan yakni peningkatan suatu penjualan atau setidaknya produk bisa semakin dikenal luas oleh masyarakat.
Namun, untuk mendapatkan efeknya, iklan perlu dibuat semenarik mungkin dengan memenuhi beberapa unsur iklan. Apa saja?
Unsur-Unsur Pada Iklan
Ada paling tidak tujuh unsur pada iklan, mulai dari nama produk, gambar yang menarik, kalimat iklan, hingga alamat. Berikut ini penjelasannya:
1. Nama Produk
Hal penting yang harus ada dalam sebuah iklan adalah nama produk. Alasannya, agar produk itu memiliki identitas diri.
Biasanya nama produk harus memiliki keunikan dan terlihat menonjol. Hal ini dilakukan agar mudah dikenali oleh masyarakat.
2. Gambar yang Menarik
Hal ini bertujuan agar makna dan maksud sebuah iklan bisa menarik dan bisa tersampaikan ke khalayak luas dengan baik
Oleh karena itu, saat membuat iklan produk, disarankan untuk menggunakan variasi gambar, teks, maupun video.
Baca Juga: Cari Jawaban Kelas 5 SD Tema 9, Apakah yang Dimaksud dengan Iklan?