Bobo.id - Pada materi kelas 5 SD tema 9 subtema 1, kita akan belajar bersama tentang iklan di berbagai media massa.
Mengutip Kemdikbud, iklan adalah teks yang mendorong, membujuk khalayak agar tertarik pada barang dan jasa yang ditawarkan.
Umumnya, iklan disampaikan melalui berbagai media massa, seperti televisi, radio, surat kabar, majalah, dan juga internet.
Iklan juga dijadikan sebagai media untuk memberitahukan pada khalayak mengenai barang atau jasa yang dijual dan ditawarkan.
Efek langsung iklan yakni peningkatan suatu penjualan atau setidaknya produk bisa semakin dikenal luas oleh masyarakat.
Untuk memaksimalkan efeknya, maka iklan perlu dibuat semenarik mungkin dengan memenuhi beberapa unsur iklan.
Salah satunya adalah bahasa iklan yang perlu diperhatikan. Sebab, bahasa di media yang berbeda bisa jadi berbeda.
Nah, kali ini Bobo akan memberikan informasi dan penjelasan tentang ciri-ciri bahasa iklan di media cetak. Simak, yuk!
Ciri-Ciri Bahasa Iklan di Media Cetak
Iklan media cetak merupakan iklan yang disampaikan menggunakan media cetak, seperti tabloid, koran, atau majalah.
Ciri paling menonjol dari iklan media cetak tidak bisa sembarang dipublikasikan. Pemasangan iklan harus mengikuti kolom dan baris.
Meski begitu, banyak orang memilih iklan lewat media cetak karena jangkauannya luas dan bisa dibaca oleh siapa saja.
Baca Juga: Unsur-Unsur pada Iklan 'Toko Mas Subur', Cari Jawaban Kelas 5 SD Tema 9