Fakta Menarik Baobab, Pohon Raksasa yang Bisa Simpan 120.000 Liter Air

By Fransiska Viola Gina, Minggu, 7 Mei 2023 | 12:00 WIB
Fakta menarik pohon baobab. (PIXABAY/Artapixel)

Bobo.id - Saat sedang bepergian ke suatu tempat, kita selalu melihat pohon-pohon dengan jenis berbeda di kanan dan kiri jalan.

Pohon yang kita lihat di jalanan memiliki ukuran yang berbeda-beda. Ada yang tinggi menjulang dan ada yang berdiameter besar.

Misalnya, pohon kelapa yang ada di pantai. Diketahui rata-rata pohon kelapa bisa mencapai 30 meter, lo. Wah, tinggi sekali, ya!

Kalau pohon kelapa menjulang tinggi dengan diameter tak begitu besar, ternyata ada juga pohon tinggi dengan diameter besar pula.

Namanya pohon baobab. Tinggi rata-rata pohon ini bisa mencapai 25 meter dengan diameter batangnya bisa sekitar 10 meter, lo.

Penampilannya unik, seolah tumbuh secara terbalik dengan cabang di dalam tanah dan akarnya yang bermekaran di udara.

O iya, pohon baobab yang banyak ditemukan di Madagaskar juga memiliki julukan unik, sebagai pohon kehidupan dan pohon ajaib.

Tak hanya itu, pohon baobab juga menyimpan fakta lainnya yang menarik untuk diketahui. Apa saja? Simak informasi berikut ini, yuk!

1. Pohon Kehidupan dan Pohon Ajaib

Sebagai informasi, kata Baobab ternyata berasal dari bahasa Arab 'bu hibab', yang artinya buah berbiji banyak, teman-teman.

Batang yang membentuk lubang dimanfaatkan oleh manusia dan hewan sebagai kandang dan rumah. Bahkan, kelelawar bisa hidup di dalamnya.

Baca Juga: Disebut Bisa Kurangi Kebisingan, Kenapa Pohon Bisa Meredam Suara?