Seberapa Banyak Bahan Bakar yang Dibutuhkan Pesawat Antariksa untuk Terbang ke Angkasa?

By Grace Eirin, Selasa, 23 Januari 2024 | 18:00 WIB
Pesawat antariksa membutuhkan banyak pesawat antariksa untuk bisa sampai ke angkasa. (SpaceX/Unsplash)

Bobo.id - Teman-teman tentu sudah tahu bahwa manusia bisa sampai ke angkasa karena adanya teknologi yang disebut pesawat antariksa

Pesawat antariksa kendaraan yang terbang di luar angkasa, bisa membawa astronaut, kargo, atau instrumen lain ke tujuannya. 

Pesawat antariksa diluncurkan ke antariksa dengan bantuan roket, dan memiliki sistem navigasi sendiri untuk tetap bisa beroperasi setelah terpisah dari roket. 

Beberapa waktu lalu, kita sudah mengenal Parker Solar Probe sebagai salah satu pesawat antariksa yang bisa mencapai jarak paling dekat dengan Matahari. 

Pada 29 Oktober 2018, Parker Solar Probe memecahkan rekor lama jarak sejauh 26,55 juta mil dari permukaan Matahari, yang dibuat oleh Helios 2 pada tahun 1976. 

Parker Solar Probe juga merupakan pesawat antariksa tercepat dalam sejarah, yang kecepatannya mencapai 692.000 kilometer per jam. 

Namun, rata-rata pesawat antariksa atau roket yang hendak ke luar angkasa harus bergerak dengan kecepatan 107.000 kilometer per jam. 

Dengan kecepatan sebesar itu, kira-kira berapa banyak bahan bakar yang dibutuhkan pesawat antariksa untuk sampai ke angkasa? 

Yuk, cari tahu faktanya di sini!

Bahan Bakar Menuju ke Angkasa

Bersumber dari NASA, mesin utama pesawat antariksa beroperasi pada suhu yang lebih ekstrem dibandingkan sistem mekanik pada umumnya. 

Baca Juga: Ada Asteroid Kecil Menghantam Atmosfer Bumi Kemarin, Apa Dampaknya?