Mengenal Ciri-Ciri Bahasa Iklan dalam Media Cetak, Materi Kelas 5 SD

By Fransiska Viola Gina, Senin, 1 April 2024 | 10:00 WIB
Ciri-ciri bahasa dalam iklan media cetak. (freepik/kaboompics)

Bobo.id - Pada materi kelas 5 SD tema 9, kita akan belajar tentang iklan yang ditampilkan dalam media cetak.

Ketika kita membuka surat kabar atau koran dan majalah, tak jarang kita menemukan iklan di sana.

Menurut Kemdikbud, iklan adalah teks yang mendorong, membujuk khalayak agar tertarik pada barang dan jasa.

Iklan juga dijadikan media untuk memberitahukan pada khalayak tentang barang atau jasa yang ditawarkan.

Umumnya, iklan disampaikan melalui berbagai media massa, seperti televisi, radio, surat kabar, majalah, dan internet.

Untuk membuat iklan yang bisa menarik perhatian khalayak, maka iklan itu harus memenuhi unsur berikut:

Apabila iklan telah memenuhi unsur-unsur di atas, maka iklan bisa menjangkau khalayak yang lebih luas.

Ciri-Ciri Bahasa Iklan Media Cetak

Iklan media cetak adalah iklan yang disampaikan menggunakan media cetak, seperti tabloid, koran, atau majalah.

Ciri paling menojol dari iklan media cetak adalah iklannya disesuaikan dengan kolom atau baris di media cetak.

Meski terbatas tempatnya, masih banyak orang menggunakan iklan di media cetak karena jangkauan yang luas.

Baca Juga: Jawab Soal dari Iklan 'Udara Segar Tanpa Asap Rokok', Materi Kelas 5 SD

Karena terbatas oleh tempat, hal ini membuat iklan media cetak harus memperhatikan bahasa penulisannya.