Majalah Paudpedia: Serba-Serbi Upaya Menyiapkan Generasi Cerdas dan Sehat Lewat PAUD Berkualitas

By Yussy Maulia, Rabu, 25 September 2024 | 16:00 WIB
Halaman cover Majalah Paudpedia Edisi I Tahun 2024. (Dok. Kemendikbudristek)

Bobo.ID – Teman-teman, Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) baru saja meluncurkan Majalah Paudpedia Edisi I Tahun 2024.

Majalah ini menyajikan program-program prioritas hingga capaian kinerja Direktorat PAUD untuk mewujudkan visi “PAUD Berkualitas”.

Seperti teman-teman ketahui, PAUD adalah jenjang pendidikan yang dirancang untuk mempersiapkan anak-anak sebelum memasuki taman kanak-kanak (TK) dan sekolah dasar (SD).

Dengan metode pembelajaran yang difokuskan untuk memfasilitasi berbagai aspek penting anak, PAUD dapat mendorong pertumbuhan kognitif, motorik, hingga psikologis anak di masa emas pertumbuhan.

Baca Juga: Kompetisi Sekolah Sehat AIA Ajak Guru Wujudkan Pendidikan Berkualitas Lewat Peningkatan Kesehatan Siswa

Direktur Pendidikan Anak Usia Dini Kemendikbudristek Komalasari M.Pd. mengatakan, majalah Paudpedia diharapkan dapat menyampaikan pesan tentang pentingnya mewujudkan PAUD Berkualitas yang didukung dengan lingkungan belajar yang aman, inklusif, dan partisipatif.

“Semoga sajian Majalah Paudpedia Edisi I Tahun 2024 dapat bermanfaat dan menjadi inspirasi bagi kita semua untuk terlibat dalam upaya Transformasi Satuan Pendidikan Anak Usia Dini Berkualitas dapat terwujud,” kata Komalasari dalam Sapa Redaksi Majalah Paudpedia Edisi I Tahun 2024.

Majalah Paudpedia Edisi I Tahun 2024 terdiri dari 48 halaman yang menampilkan beragam topik yang dibalut dengan visual menarik. Salah satunya adalah strategi pencegahan stunting nasional di 38 provinsi. 

Untuk memudahkan pembaca, majalah ini menampilkan infografis 10 langkah pasti intervensi pencegahan stunting. Secara keseluruhan, program ini memiliki target untuk mempercepat penurunan angka stunting di bawah 14 persen pada 2024.

Kemudian, Majalah Paudpedia juga menjabarkan program Rapor Pendidikan untuk PAUD dan Pembaruan Data Rapor Pendidikan 2024. Program yang diinisiasi oleh Mendikbudristek Nadiem Makarim ini bertujuan untuk memberikan gambaran umum tentang kualitas layanan PAUD di Indonesia berdasarkan hasil Survei Lingkungan Belajar (Sulingjar) PAUD.

Baca Juga: Agar Anak Indonesia Sehat, Cerdas, dan Berkarakter, Kemendikbudristek Ajak Puluhan Mitra Wujudkan Sekolah Sehat

Selain itu, Rapor Pendidikan PAUD juga berfungsi sebagai alat ukur komprehensif yang dapat membantu seluruh pihak yang terlibat dalam memperbaiki mutu pendidikan, serta menyusun perencanaan anggaran yang lebih tepat.