Tari Serimpi, Tarian Klasik Yogyakarta

By Dewi Setyawan, Kamis, 16 Maret 2017 | 07:21 WIB
Tarian Serimpi (Dewi Setyawan)

Tari Serimpi adalah tarian klasik Keraton Yogyakarta yang ditarikan beberapa penari wanita anggun. Gerakan yang pelan dan lembut menunjukkan kesopanan dan kelemahlembutan budaya keraton.

Sejarah

Tari Serimpi sudah ada sejak masa kejayaan kerajaan Mataram pada pemerintahan Sultan Agung. Awalnya tarian ini merupakan tarian yang bersifat mistis dan hanya ditampilkan di Keraton Yogyakarta untuk acara kenegaraan dan peringatan kenaikan takhta Sultan.

Penari tari serimpi adalah penari yang dipilih oleh keluarga Kerajaan. Setelah Kerajaan Mataram pecah menjadi dua yaitu Kesultanan Yogyakarta dan Kesunanan Surakarta, tarian ini mulai mengalami perubahan dalam segi gerakan. Namun makna dari tarian ini masih sama yaitu kesopanan dan kelemah lembutan. Sekarang tarian ini ditampilkan untuk menyambut tamu dan acara budaya.

Tari Serimpi

Nama serimpi juga dikaitkan dengan 4 unsur dalam kehidupan manusia yang mewakili 4 orang penari, yaitu grama (api), angin (udara), toya (air), dan bumi (tanah). Kata serimpi berkaitan dengan makna impi atau mimpi. Saat menyaksikan tari serimpi, penonton terbawa alunan musik dan gerak lembut penari sehingga seolah-olah penonton masuk ke dalam dunia mimpi.

Jenis

Tari Serimpi ini dari masa ke masa telah mengalami berbagai pengembangan, diantaranya dari segi durasi dan pakaian yang dikenakan. Apa saja ya jenis tari serimpi?

1. Tari Serimpi Sangupati

Tari serimpi sangupati diciptakan oleh Pakubuwono IX. Tapi sebenarnya, tarian ini adalah karya dari Pakubuwono IV. Kata sangupati itu berasal dari kata “Sang Pati” (calon pengganti raja). Tarian ini mencerminkan tentang mengandalikan hawa nafsu.

2. Tari Serimpi Anglirmendhung

Tari serimpi anglirmendhung merupakan tarian yang digubah oleh K.G.P.A.A Mangkunagara I. Awalnya terdiri dari tujuh orang penari, lalu menjadi empat penari.