4 Manfaat Madu untuk Kesehatan, Tetapi Berbahaya untuk Adik Bayi

By Aisha Safira, Jumat, 7 April 2017 | 10:30 WIB
Madu punya 4 manfaat untuk kesehatan kita lo. Foto: rcvoutdoors.com (Aisha Safira)

Apakah kamu suka minum madu? Madu mempunyai banyak manfaat lo untuk kesehatan. Ingin tahu manfaatnya? Yuk, baca di sini!

Madu berasal dari nektar

Madu berasal dari nektar bunga yang dikumpulkan oleh lebah. Setelah nektar dibawa kembali ke sarang, lebah pekerja mengisapnya lalu menambah beberapa enzim. Madu yang sudah ditambah dengan enzim ini disebut madu mentah.

Selanjutnya, madu mentah tersebut akan disimpan di dalam sarang tempat madu. Nantinya, kandungan air dalam madu akan menguap dan sedikit demi sedikit berkurang. Salah satu cara menguranginya adalah dengan kepakan sayap lebah madu.

Madu mentah dikatakan sudah matang kalau kandungan airnya telah turun ke tingkat tertentu. Setelah itu barulah madu siap untuk dikonsumsi oleh manusia.

Lalu, apa saja manfaat madu untuk kesehatan?

1. Bisa meredakan batuk

Untuk kita anak-anak, madu bisa membantu meredakan batuk. Hal ini sudah diteliti dalam studi oleh Penn State College of Medicine pada 2007. Kandungan dekstrometorfan (DM) dalam madu dapat meredakan batuk di malam hari. Kalau kamu sedang batuk, minumlah dua sendok teh madu 30 menit sebelum tidur. Hal ini akan membuat menghilangkan batukmu saat tidur. Jadi, kamu bisa tidur dengan lebih tenang deh.

2. Madu bisa mengobati luka

Nah, kalau kamu jatuh dan luka, madu bisa mengobati lukamu. Fakta ini juga pernah diteliti menggunakan Medihoney, yaitu madu dari Selandia Norwegia. Madu dapat mematikan bakteri dalam luka dan membersihkannya. Luka yang infeksi menjadi steril dalam waktu kurang lebih satu minggu.

Tidak hanya luka karena jatuh, luka bakar juga dapat diobati dengan madu. Kamu bisa mengoleskan madu ke lukamu setiap 12 sampai 48 jam. Jangan lupa untuk ditutup dengan perban ya agar tetap bersih.

3. Kamu alergi? Minum saja madu