Ternyata Buah Lobi-lobi Bisa untuk Mengobati Radang Tenggorokan

By Petronela Putri, Selasa, 18 April 2017 | 00:05 WIB
Foto: traveleatdrinklikealocal.blogspot.co.id (Petronela Putri)

Buah mungil berwarna kemerahan bernama lobi-lobi tumbuh di kawasan tropis. Di Indonesia, buah ini dikenal dalam nama yang berbeda-beda di tiap daerah. Tetapi, ternyata manfaat lobi-lobi banyak juga, lo!

Tumbuh di daerah tropis

Lobi-lobi memiliki nama latin Flacourtia inermis, betuknya bulat dengan diameter 1 hingga 3 sentimeter. Lobi-lobi yang bentuknya mirip buah ceri ini berasal dari Asia dan umumnya tumbuh di kawasan tropis. Di berbagai daerah orang mengenal lobi-lobi dengan banyak nama; misalnya lubi-lubi di Minangkabau, patikan kebo di Jawa, balakko di kalangan suku Batak, sosononga di Madura.

Tak hanya di Indonesia, buah lobi-lobi juga tumbuh di negara-negara Asia lain seperti Malaysia, Thailand, Srilanka, dan India.

Tumbuhan liar

Lobi-lobi termasuk salah satu tumbuhan liar, yang bisa tumbuh di tempat-tempat tak terurus seperti kebun, di antara rerumputan, serta tempat-tempat yang mungkin tak terkira sebelumnya.

Ciri-ciri pohon lobi-lobi

Sebuah pohon lobi-lobi memiliki tinggi 3 hingga 10 meter. Karakter pohon ini adalah memiliki buah yang banyak. Kulit buah lobi-lobi lunak dan berwarna hijau muda ketika masih muda, hingga kemudian berubah menjadi merah tua ketika sudah masak.

Daging buahnya mengandung air dan seringnya terasa agak asam, sehingga hewan seperti kelelawar biasanya enggan makan buah ini. Tetapi, ada juga buah lobi-lobi yang rasanya manis.

Buah yang jarang terdengar namun memiliki banyak manfaat

Buah lobi-lobi ini memang agak jarang terdengar namanya, namun memiliki banyak manfaat juga, teman-teman. Biasanya digunakan untuk membuat manisan, selai, atau dijadikan sirup. Sedangkan dari segi kesehatan, buah lobi-lobi dapat mengatasi radang tenggorokan, meredakan asma, diare, dan sebagainya.