Ternyata ada Robot Pembolak-balik Pancake, lo!

By Petronela Putri, Kamis, 27 April 2017 | 06:46 WIB
Foto: goodhousekeeping.com (Petronela Putri)

Pancake merupakan salah satu makanan yang biasa dikonsumsi saat sarapan. Kue bulat gepeng ini terbuat dari tepung dan susu. Konon, pancake pertama kali ada di kalangan masyarakat Romawi. Kini pancake mendunia dan dikonsumsi di berbagai negara.

Sejarah pancake

Pancake merupakan kue berbentuk bulat dan agak gepeng, terbuat dari tepung, pertama kali bermula di kalangan masyarakat Romawi kuno. Adonan pancake dipanggang kemudian disajikan dengan siraman madu atau sirup.

Pancake kemudian juga berkembang di kalangan bangsa Eropa pada tahun 1940-an, menjadi makanan khusus yang disajikan sesaat sebelum perayaan Paskah.

Pancake yang tersebar ke berbagai belahan dunia

Kini pancake tersebar ke berbagai negara-negara di dunia dan dikembangkan dengan cara yang berbeda-beda. Misalnya di Inggris, adonan pancake dipanggang di atas wadah yang agak miring, dan teksturnya lebih tipis daripada pancake yang lainnya. Biasanya dimakan bersama siraman lemon, gula bubuk, atau bersama sirup gula tebu.

Sedangkan di Belanda, pancake biasanya diisi potongan keju atau bacon, kemudian disiram sirup gula yang kental. Di Belanda, pancake dikenal dengan nama pannenkoeken.

Nah, barangkali yang paling sering teman-teman lihat adalah pancake khas Amerika. Pancake ini lebih tebal sebab menggunakan pengembang pada adonannya. Namun biasanya topping pancake di Amerika juga berupa sirup, madu, selai, dan sebagainya.

Lalu bagaimana dengan Indonesia? Yap, di Indonesia juga terdapat pancake, lo, teman-teman! Jika teman-teman pernah makan dadar gulung, itulah jenis panganan gurih yang menjadi pancake khas Indonesia. Hihi.

Pancake robot

Ada robot yang diciptakan untuk membolak-balik pancake, lo! Robot ini dibuat oleh perusahaan bernama Barret Technology. Dua penemunya berasal dari Italian Institute of Technology. Untuk mengetes kinerja robot ini, ia diberikan pancake palsu ketika dipamerkan. Sensor si robot pancake akan mendeteksi pancake tersebut, kemudian membaliknya seolah-olah sedang memasak pancake betulan!

Pancake terbesar di dunia

Merasa porsi pancake teman-teman kurang? Tenang, ternyata pernah ada pancake terbesar di dunia yang beratnya mencapai 3 ton! Kue pancake ini memiliki diameter 15 meter, dan dibuat pada tahun 1994 di Manchester. Tertarik mencoba membuatnya juga, teman-teman?