Inilah Fakta-fakta Menarik Tentang Kulit Manusia

By Petronela Putri, Kamis, 25 Mei 2017 | 00:12 WIB
Foto: healthychild.org (Petronela Putri)

Kulit merupakan lapisan terluar tubuh manusia. Tahukah teman-teman, bahwa ada banyak fakta menarik dari kulit manusia. Salah satunya adalah bahwa olahraga ternyata bagus untuk merawat kulit, lo! Berikut beberapa fakta lainnya.

Kulit merupakan organ terluas dari tubuh manusia

Karena kulit adalah lapisan terluar yang membungkus seluruh tulang dan organ tubuh manusia. Bahkan berat keseluruhan kulit manusia dewasa bisa mencapai 16% dari berat tubuhnya sendiri, lo, teman-teman.

Kulit manusia sifatnya waterproof alias tahan air!

Teman-teman pernah berpikir apa jadinya bila kulit kita tidak tahan air? Yap, akan banyak sekali air yang keluar masuk ke dalam tubuh ketika kita mandi, berenang di kolam, maupun ketika sekadar mencuci muka.

Tetapi kenyataannya kulit manusia adalah lapisan yang tahan air sebab dikelilingi oleh lemak yang membuatnya tahan terhadap air. Jika kulit tidak bisa menahan air-air ini, tentu kelamaan bentuk tubuh kita akan semakin tak karuan, ya. Hihi.

Sangat banyak bakteri bisa bersarang di kulit

Ada banyak sekali jenis bakteri yang bisa tumbuh di kulit manusia dan hal ini kelamaan bisa membuat warna kulit menjadi kurang cerah. Konon ada puluhan jenis jamur yang tumbuh di antara jari-jari kaki seseorang. Bayangkan seberapa banyak bakteri yang bisa dikumpulkan di sekujur tubuh manusia.

Bakteri-bakteri ini umumnya berasal dari tumpukan sel kulit mati yang tidak dibersihkan.

Olahraga yang teratur dapat merawat kulit

Siapa sangka bahwa olahraga sangat berpengaruh pada kulit manusia, teman-teman! Sebab dengan rutin olahraga, biasanya racun-racun dalam tubuh bisa dilenyapkan, dan fungsi tubuh dapat berjalan dengan lebih baik –termasuk pada kulit.

Selain itu, kulit bisa tampak lebih cerah dan seiring pertambahan usia, olahraga dapat mencegah kulit manusia jadi keriput.

Jadi, jangan malas olahraga sejak kecil ya, teman-teman!