Inilah 5 Olahan Teh dari Berbagai Negara

By Yomi Hanna, Selasa, 30 Mei 2017 | 09:50 WIB
Teh rosella dari Lebanon (Foto: saylittlehen.com) (Hanna Vivaldi)

Akhir-akhir ini ada banyak variasi minuman yang menjadi tren di kalangan masyarakat, misalnya Thai Tea atau teh yang berasal dari Thailand.

Tidak hanya Thai tea, ternyata ada banyak jenis teh lainnya yang terkenal dari masing-masing negara di bawah ini, yuk, kita simak informasinya!

1. Thai Tea dari Thailand

Thai Tea adalah minuman yang dibuat dari teh hitam dengan campuran bunga lawang, gula, dan susu yang diuapkan (evaporasi). Teh yang rasanya manis ini biasanya disajikan hangat ataupun dingin, tetapi kebanyakan orang lebih suka Thai Tea yang dingin. Lebih nikmat lagi jika teh ini diblender dengan es batu.

2. Teh Tarik dari Malaysia

Teh tarik adalah salah satu minuman yang cukup populer di seluruh dunia, terutama di daerah Asia. Meski mirip dengan Thai Tea, tapi proses pembuatannya tidak sama. Teh ini dibuat dari campuran bubuk teh hitam dengan susu kental manis.

Kenapa ya namanya teh tarik? Ini karena cara membuatnya dilakukan dengan cara ditarik, teh dan susu dituangkan dari satu cangkir ke cangkir lain seperti ditarik.

3. Matcha dari Jepang

Minuman matcha atau green tea sempat menjadi tren di Indonesia, bahkan sampai saat ini. Tidak hanya dijadikan sebagai minuman, matcha juga dibuat dan dioalh menjadi makanan lain seperti kue dan es krim.

Matcha adalah minuman yang berasal dari jepang yang dibuat dengan proses pengeringan dan penumbukan daun teh yang hijau. Proses tersebut akan menghasilkan bubuk Matcha, nah, bubuk inilah yang kemudian diseduh dengan air mendidih kemudian diaduk rata lalu didiamkan selama 3 menit. Setelah itu, matcha siap untuk diminum. Hmm, rasanya unik dan khas di lidah, lo! Ada yang sudah pernah mencoba?

4. Teh Rosella dari Lebanon

Teh ini berasal dari tanaman rosella yang sudah terkenal di Lebanon. Rasa teh ini agak asam dan mengandung antioksidan yang berguna bagi kesehatan kita.