7 Fakta Unik Lalat, Salah Satunya Berguna Bagi Kesehatan

By Yomi Hanna, Rabu, 31 Mei 2017 | 02:28 WIB
Foto: tribunnews.com (Hanna Vivaldi)

Jika mendengar kata lalat, biasanya kita langsung berpikir bahwa dia adalah hewan yang jorok. Selain itu, keberadaan lalat juga sering membuat banyak orang merasa tidak nyaman.

Tapi tahukah teman-teman kalau lalat juga dapat berguna bagi kesehatan manusia? Kok bisa ya? Yuk, kita lihat fakta seru lainnya di bawah ini!

1. Sayapnya menyehatkan

Dari semua bagian tubuh lalat, sayap adalah satu-satunya yang berguna bagi kesehatan kita. Karena di sayap lalat terdapat gen reflin yang mengandung zat yang berkhasiat mengobati beberapa penyakit gangguan saraf, seperti arteri dan meina. Gen reflin ini juga yang membuat lalat dapat mengepakkan sayapnya sebanyak 200 sampai 400 kali per detik.

2. Penciuman yang tajam

Penciuman lalat sungguh hebat lo, teman-teman. Dia mampu menciup makanannya hingga jarak 2 kilometer. Wow!

3. Mata lalat rabun

Mata lalat ada dua dan masing-masing mata memiliki sekitar 4000 lensa yang mampu melihat hampir ke segala arah.

Tapi sayang sekali, walaupun matanya memiliki lensa yang sangat banyak, lalat tidak dapat melihat dengan baik dan rabun. Selain itu, lalat juga susah membedakan warna tetapi kelebihannya dia sangat sensitif pada gerakan.

Inilah yang membuat kita susah sekali kalau memukul lalat, dia selalu bisa menghindar meskipun dia sedang membelakangi kita.

4. Muntah di atas makanan

Lalat memiliki kebiasaan makan yang aneh. Setiap kali dia ingin makan, lalat pasti akan memuntahkan isi perutnya ke atas makanan tersebut. Jorok sekali, ya, teman-teman!