Lintas Barat Sumatera, Kota Agung - Krui

By Sigit Wahyu, Rabu, 21 Juni 2017 | 05:15 WIB
Memasuki gerbang Taman Nasional Bukit Barisan. Foto: Sigit Wahyu | Bobo.ID (Sigit Wahyu)

Kota Agung dan Krui. Kedua kota ini terletak di Provinsi Lampung. Kota Agung adalah ibukota Kabupaten Tanggamus. Sedangkan Kru adalah ibukota Kabupaten Pesisir Barat. 

Trans Sumatera Lintas Barat

Kota Agung dan Krui dihubungan oleh Jalan Raya Trans Sumatera Lintas Barat atau Lintas Barat Sumatera, meliputi ruas Kota Agung – Sedayu, ruas Sedayu - Bengkunat, dan ruas Bengkunat – Krui.

Jarak Kota Agung – Krui sekitar 150 kilometer. Meskipun keadaan jalan pada umumnya mulus dan sepi, kondisi jalan yang berkelok-kelok dan naik turun bukit membuat kendaraan tidak bisa melaju kencang dan harus ekstra hati-hati. Dalam keadaan normal, Kota Agung – Krui, biasanya ditempuh dalam waktu 3,5  sampai 4 jam.

Ruas Kota Agung – Sedayu : Kartu Merah

Jalan raya ruas Kota Agung sampai Sedayu dikenal sebagai ruas jalan kartu merah. Oleh sebab itu pengendara mobil dan sepeda motor dihimbau hati-hati melewati ruas ini.

Ada beberapa alasan yang membuat ruas ini mendapat status kartu merah.

1. Ruas ini melewati banyak kampung. Banyak orang sering menyeberang jalan atau bahkan duduk-duduk di pinggir jalan.

2. Ruas ini banyak anak-anak dan orang naik sepeda motor tanpa helm dan tanpa spion. Mereka kadang berjalan pelan-pelan tetapi pada posisi di tengah jalan dan bisa tersinggung kalau kita membunyikan klakson.

3. Ruas ini melewati beberapa pasar, antara lain Pasar Wonosobo, Pasar Pangkul, dan Pasar Banding. Pasar ini ramai pada siang hari, dan sangat ramai pada hari pasaran.