5 Fakta tentang Sarapan

By willa widiana, Senin, 14 Agustus 2017 | 11:20 WIB
Fakta Seputar Sarapan (willa widiana)

Teman-teman, pagi tadi kamu sarapan apa? Apapun menunya, jangan sampai melewatkan sarapan, ya! Sarapan sangat penting, terutama untuk anak-anak yang dalam masa pertumbuhan seperti kita.

Bicara soal sarapan, Bobo jadi ingat dengan lima fakta tentang sarapan yang disampaikan oleh beberapa ahli kesehatan beberapa waktu lalu. Ada fakta apa saja?

Fakta 1 – Menyepelakan Sarapan

Saat ini, masih banyak masyarakat Indonesia yang menyepelekan sarapan dengan alasan tidak punya waktu.  O iya, ada juga beberapa orang menganggap sarapan sebagai hal tak penting.

Padahal, sarapan itu penting! Saat bangun tidur, tubuh akan mengalami penurunan gula darah yang bisa membuat kita lemas dan tidak bersemangat. Nah, cara paling mudah untuk mengembalikan gula darah di tubuh kita adalah dengan sarapan.

Fakta 2 – Sarapan itu Penting

Menurut Dr. Eva Devita Harmoniati, Sp.A, sarapan itu sangat penting, karena sarapan merupakan makanan khusus untuk otak. Jadi, jangan heran kalau sarapan itu bisa berpengaruh terhadap kecerdasan mental dan aktifitas otak anak-anak, seperti kita.

Dr. Eva juga mengatakan, bahwa anak-anak yang tidak sarapan akan tumbuh lebih lambat, daripada anak-anak yang sarapan. Jika tidak mau hal itu terjadi, maka kita harus sarapan.

Fakta 3 – Sarapan Ideal

Menurut Prof. DR. Ir. Hardiansyah, MS, sarapan yang ideal itu dilakukan sebelum jam 9 pagi, sehingga tidak mengganggu jam makan siang. Namun, jika kita merasa lapar sebelum jam makan siang, kita bisa mengonsumsi buah sebagai pengganjal rasa lapar itu.

Sarapan yang bagus itu harus mengandung karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral. Jadi, tubuh dan otak kita bisa mendapatkan energi yang cukup untuk melakukan kegiatan di hari itu.

Fakta 4 – Beda Orang, Beda Kebutuhan