Inilah Alasan Kenapa Tempat Duduk di Pesawat Berwarna Biru

By Yomi Hanna, Kamis, 31 Agustus 2017 | 07:35 WIB
Warna biru ternyata dapat membuat kita menjadi lebih nyaman (Hanna Vivaldi)

Bagi sebagian orang, perjalanan di dalam pesawat bukanlah sebuah perjalanan yang menyenangkan. Mungkin karena merasa takut, tempat duduk yang tidak terlalu nyaman, atau pun karena peraturan yang banyak.

Namun, pihak maskapai penerbangan selalu berusaha memberikan fasilitas yang terbaik untuk penumpangnya. Contohnya saja, mereka membuat tempat duduk di dalam pesawat berwarna biru. Ada apa dengan warna biru?

Makna Tersembunyi di Balik Tempat Duduk Pesawat yang Berwarna Biru

Kalau teman-teman menyadari, kebanyakan pesawat memiliki tempat duduk yang berwarna biru. Ternyata ini dibuat berdasarkan alasan ilmiahnya, yaitu warna biru merupakan warna yang menandakan kedamaian. Seperti warna langit yang cerah atau pun laut, jika kita melihat keduanya, perasaan kita dapat berubah menjadi lebih tenang, nyaman, dan dapat mengurangi amarah.

Warna biru ternyata dapat juga memperlambat denyut jantung dan pernapasan kita, sehingga warna biru itu sangat membantu kita dalam bermeditasi dan relaksasi. Selain itu, minuman yang disajikan dalam gelas biru juga lebih menyegarkan dibandingkan dengan minuman yang disajikan dalam gelas warna lain. Ini karena warna birunya menggambarkan kesejukan dan rasa dingin.

Oleh sebab itu, perusahaan penerbangan pun membuat warna biru ini menjadi warna tempat duduk di dalam pesawat. Agar penumpangnya dapat lebih tenang dan nyaman saat berada di dalam pesawat.

Dulunya Berwarna Merah, Bukan Biru

Namun, tahukah teman-teman? Ternyata pada tahun 1970-an dan 1980-an, kebanyakan pesawat memasang tempat duduk yang berwarna merah. Keadaan seperti ini tidak bertahan lama, warna merah pada tempat duduk tersebut langsung diganti. Karena faktanya warna merah pada pesawat dapat memancing emosi negatif penumpang dan kemarahan.