9 Tetangga Indonesia, Salah Satunya Myanmar

By Sigit Wahyu, Rabu, 6 September 2017 | 08:36 WIB
Bendera negara-negara ASEAN. (Sigit Wahyu)

Siapakah tetangga bangsa Indonesia? Tetangga bangsa Indonesia adalah bangsa yang tinggalnya dekat dengan Indonesia. Kalau kita lihat pada peta, tetangga bangsa Indonesia ada 9, yakni  Malaysia, Singapura, Brunai Darussalam, Kamboja, Vietnam, Thailand, Filipina, Laos, dan Myanmar.

Tergabung dalam ASEAN

Sebagai tetangga dekat, negara-nagara ini menjalin kerjasama dan membentuk ikatan yang diberi nama ASEAN (Association of South East Asian Nation) atau perhimpunan bangsa-bangsa di Asia Tenggara.

Organisasi ASEAN didirikan di Bangkok, 8 Agustus 1967. Tujuan ASEAN adalah kerjasama ekonomi, sosial, kebudayaan, dan keamanan, demi kemajuan negara-negara anggota.

10 Negara Anggota ASEAN

Saat ini, ASEAN diikuti 10 negara anggota, yakni Indonesia, Malaysia, Singapura, Brunai Darussalam, Kamboja, Vietnam, Thailand, Filipina, Laos, dan Myanmar.

Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, dan Filipina adalah negara-negara pendiri ASEAN. Brunei Darussalam bergabung pada 7 Januari 1984, kemudian Vietnam pada 28 Juli 1995. Laos dan Myanmar bergabung pada 23 Juli 1997, sedangkan Kamboja baru bergabung pada 30 April 1999.

Salah Satunya Myamnar

Myanmar adalah tetangga kita yang kini sedang menjadi perbincangan hangat di media massa dan media sosial. Sebagai tetangga dan sahabat, mari kita mendoakan semoga masalah di Myanmar segera bisa diatasi. 

Dulu Myanmar memiliki nama Birma atau Burma. Nama Myanmar mulai digunakan sejak 18 Juni 1989. Pemerintahan junta militer mengubah nama Burma menjadi Myanmar agar etnis non-Burma merasa menjadi bagian dari negara.

Seperti bangsa Indonesia, bangsa Myanmar juga terdiri dari banyak etnis. Ada etnis Mon, Shan, Birma, Karen, Kayah, Arakan, Kachin, Chin, dan Rohingya.

Etnis Birma merupakan warga terbesar. Jumlahnya mencapai dua pertiga dari warga Myanmar.