Hal yang Harus Diperhatikan Saat Membeli Makanan dalam Kemasan

By Putri Puspita, Kamis, 12 Oktober 2017 | 06:35 WIB
Makanan dalam kemasan (Putri Puspita)

Saat ini, sangat mudah untuk mendapatkan makanan siap saji di minimarket atau supermarket. Biasanya, makanan dikemas dan disimpan dalam pendingin, lalu sebelum makan dihangatkan kembali di microwave.

Nah, sebelum membayar ke kasir, ada hal-hal yang harus kita perhatikan.

Bahan Pembuatnya

Beberapa orang memiliki alergi terhadap bahan tertentu, maka dari itu dibutuhkan ketelitian untuk melihat bahan yang digunakan untuk membuat makanan. Apalagi, makanan dalam kemasan mungkin tidak tampak begitu jelas dari luar.

Jika suatu hari kamu sedang pergi ke suatu tempat dan tidak mengerti arti tulisan dalam kemasan tersebut, bertanyalah pada pegawai toko, ya!

Tanggal Kedaluwarsa

Walaupun disimpan dalam pendingin, tetapi suatu bahan makanan tetap memiliki tenggat waktu untuk bertahan. Biasanya tanggal kedaluwarsa tidak terlalu mencolok dan cenderung ditulis kecil-kecil. Bagaimana pun, kamu tetap harus berusaha menemukan tanggal itu karena sangat berbahaya apabila mengonsumsi makanan yang sudah kedaluwarsa.

Kondisi Makanan

Ketelitian berikutnya yang dibutuhkan adalah melihat kondisi makanan. Walaupun tanggal kedaluwarsanya belum lewat, tetapi ada makanan yang kondisinya sudah tidak baik. Contohnya, kemasan yang sudah terbuka, tergencet saat penyimpanan, atau pernah jatuh.

Nah, tidak mau kan membeli makanan dengan kondisi yang sudah tidak baik?

Jadi, yuk kita teliti sebelum membeli makanan dalam kemasan.

Teks dan Foto: Putri Puspita | Bobo.ID