Mitos Makhluk Pengisap Darah dan Misteri Kepala Terbang

By Sigit Wahyu, Minggu, 29 Oktober 2017 | 09:35 WIB
Arca yang menggambarkan makluk leak di Bali. (Sigit Wahyu)

Kisah vampir, makluk pengisap darah ini tidak hanya menjadi mitos bangsa Eropa. Di negara kita, mitos makluk pengisap darah juga terus hidup dari cerita mulut ke mulut.

Leak, Mitos dalam Budaya Bali

Leak adalah makluk jahat dalam mitologi orang Bali. Menurut kepercayaan orang Bali, wujud leak berupa kepala manusia dengan ususnya yang masih menggantung. Konon, wujud leak hanya terjadi pada malam hari. Pada siang hari, ia tampak seperti manusia biasa.

Pada malam hari, leak akan terbang untuk mencari ibu hamil yang berada di luar rumah. Tujuannya adalah untuk mengisap darah bayi yang masih dalam kandungan, agar ia bisa hidup sebagai leak. Konon, leak memiliki wajah yang seram, giginya tajam, matanya melotot, dan lidahnya panjang untuk menyedot darah bayi dalam kandungan.

Kuyang, Mitos dalam Budaya Dayak

Kuyang adalah makluk jahat dalam mitologi suku Dayak di Kalimantan. Makluk aneh ini berbentuk kepala terbang dengan usus dan perutnya yang bergelantungan. Bila kuyang terlihat terbang, itu berarti makluk ini sedang mencari mangsa.

Konon untuk bisa hidup dan awet muda menjadi kuyang, makluk ini harus memangsa darah dari sisa persalinan atau mengisap darah bayi yang masih dalam kandungan atau baru lahir. Penampakan kuyang sangat menyeramkan. Mukanya jelek, giginya runcing dengan lidahnya yang menjulur. Dalam masyarakat Suku Dayak Benuaq ada sebuah tarian yang disebut Tarian Kuyang. Tarian ini untuk mengusir makluk halus penjaga pohon-pohon yang besar dan tinggi agar tidak mengganggu manusia.  

Pelesit, Mitos dalam Budaya Minangkabau

Pelesit atau palasik adalah makluk jahat dalam mitologi suku Minangkabau. Menurut kepercayaan Pelesit bukan hantu, tetapi manusia yang memiliki ilmu hitam tingkat tinggi, sehingga bisa melepas kepala dari tubuhnya. Konon pada malam hari, pelesit terbang berkeliaran untuk mencari mangsa dengan menghisap darah bayi dalam kandungan atau bayi yang baru dilahirkan. Bahkan pelesit jenis tertentu, konon suka memangsa tubuh bayi yang baru meninggal dan dikubur. 

Itulah mitos-mitos makhluk pengisap darah yang ada di Indonesia. Hii... Serem, ya! Tapi teman-teman tidak perlu takut. Karena hanya merupakan mitos, makhluk-makhluk pengisap darah ini tidak pernah terbukti keberadaannya.