Tips Membuat Nasi Goreng Jadi Lebih Sehat

By Putri Puspita, Selasa, 24 Oktober 2017 | 04:15 WIB
Nutrisi dalam nasi goreng masih perlu ditambah (Putri Puspita)

Nasi goreng dianggap sebagai makanan khas Indonesia. Namun, ada yang meragukan bahwa nasi goreng adalah makanan yang sehat untuk dikonsumsi. Sebenarnya, apa saja, ya, kandungn gizinya?

Kandungan Gizi Nasi Goreng

Kira-kira, jika nasi goreng disajikan dalam satu piring, di sana ada sekitar 138 kilokalori, 1,6 gram protein, karbohidrat 15,1 gram, lemak 1,6 gram, 2,4 miligram kalsium, dan 0,33 miligram zat besi.

Nah, memang kandungan di dalam nasi goreng ternyata tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan tubuh, terutama kebutuhan vitamin. Hal inilah yang membuat nasi goreng dianggap tidak terlalu sehat.

Menambah Nilai Gizi Nasi Goreng

Tidak perlu kecewa jika kamu suka nasi goreng, karena kita bisa menambahkan berbagai bahan makanan ke dalam nasi goreng agar nutrisi di dalamnya bertambah. Apa saja itu?

1. Telur atau Ayam

Cara paling mudah untuk meningkatkan kandungan gizi nasi goreng adalah menambahkan bahan lainnya, seperti telur, ayam, atau sea food.

Telur mengandung protein yang dibutuhkan oleh tubuh. Daging ayam juga mengandung  asam amino esensial yang baik untuk pertumbuhan.

Selain telur atau ayam, kita juga bisa menggunakan sea food, seperti udang.

2. Kacang Polong dan Sayuran

Seperti yang dikatakan sebelumnya, bahwa nasi goreng masih minim kandungan vitamin. Nah, maka dari itu penting menambahkan kacang polong dan sayuran ke dalamnya.