Phobos dan Deimos, Satelit yang Setia Mengelilingi Mars

By Yomi Hanna, Kamis, 14 Desember 2017 | 04:35 WIB
Phobos dan Deimos, satelit alami Mars (Hanna Vivaldi)

Tahukah teman-teman apa itu satelit alami? Satelit alami merupakan benda langit yang selalu mengitari suatu planet. Misalnya seperti Bumi, satelit alaminya adalah Bulan. Selain Bumi, apakah planet lain di tata surya memiliki satelit alami juga?

Dua Satelit Alami Mars

Planet lain juga memiliki satelit alami sendiri, yang jumlahnya bahkan lebih dari satu. Contohnya saja planet Mars, yang merupakan planet terdekat dengan Bumi. Mars mempunyai dua buah satelit alami, namanya yaitu Phobos dan Deimos.

Phobos dan Deimos

Kedua nama satelit alami Mars disesuaikan dengan mitologi Yunani, di mana Phobos dan Deimos itu adalah nama dari anak-anak Dewa Mars. Ukuran Phobos dan Deimos ini lebih kecil dari Bulan dan bentuknya juga tidak membulat. Bentuk kedua planet ini justru cenderung tidak beraturan.

Baca juga : Bulan, Satelit Alami Bumi

Jarak Phobos dan Deimos ke Mars tergolong sangat dekat. Karena terlalu dekat, banyak ahli yang menduga bahwa kedua satelit alami itu adalah asteroid yang terjebak dalam gravitasi Mars.

Satelit Phobos

Ukuran Phobos lebih besar dibandingkan dengan Deimos, dengan diameter sekitar 27 kilometer. Satelit ini mengitari Mars dengan jarak 6.000 kilometer. Namun, para ahli memperkirakan bahwa jarak tersebut akan memendek setiap tahunnya.

Oleh sebab itu, jutaan tahun ke depan Phobos diperkirakan akan menabrak Mars hingga hancur menjadi serpihan-serpihan kecil yang membentuk cincin di sekeliling Mars. Periode Phobos mengorbit Mars adalah sekitar 7 jam, sedangkan dalam satu hari di Mars adalah sekitar 24 jam. Ini artinya satelit Phobos akan terlihat mengitari Mars sebanyak tiga kali dalam sehari.

Baca juga : Kenapa Planet Luar Memiliki Satelit Alami Lebih Banyak?

Satelit Deimos