5 Fakta Seputar Bunga Rafflesia Arnoldii

By Yomi Hanna, Selasa, 9 Januari 2018 | 06:31 WIB
Fakta seputar bunga Rafflesia arnoldii (Hanna Vivaldi)

Bobo.id – Tentunya nama bunga Rafflesia Arnoldii sudah sering teman-teman dengar, bukan? Selain menjadi bunga nasional Indonesia, ada beberapa fakta lainnya, lo.

Yuk, kita lihat 5 fakta seputar bungga Rafflesia Arnoldii!

1. Ditemukan tahun 1818

Bunga ini pertama kali ditemukan pada tahun 1818 di hutan tropis Bengkulu, salah satu daerah di pulau Sumatra. Tepatnya berada di Sungai Manna, Lubuk Tapi, Kabupaten Bengkulu Selatan.

Karen adanya penemuan ini, Bengkulu pun menjadi terkenal dengan sebutan Bumi Rafflesia.

Baca juga : Bunga Bangkai dan Rafflesia Itu Berbeda!

2. Nama Penemu & Nama Bunga

Bunga yang berukuran besar ini ditemukan pertama kali oleh Dr. Joseph Arnold. Dia adalah seorang pemandu, yang waktu itu mengikuti sebuah ekspedisi bersama pemimpin kegiatan tersebut, yang bernama Thomas Stamford Raffles.

Lalu bunga itu pun diberi nama Rafflesia Arnoldii, yang merupakan gabungan dari nama Dr. Joseph Arnold dan Thomas Stamford Raffles.

3. Bunga Terbesar di Dunia

Bunga ini dapat tumbuh besar mencapai ukuran diameter 1 meter hingga 1,05 meter, yang pernah ditemukan di daerah Bukittinggi, Sumatra Barat.

Karena ukurannya yang sangat besar, bunga Rafflesia Arnoldii pun dijuluki dengan bunga raksasa. Tidak hanya ukurannya, beratnya juga bisa mencapai 11 kilogram dan memiliki tunas yang sangat besar juga.