5 Hal yang Tidak Boleh Kita Lakukan Saat Mengunjungi Kuil Thailand

By Yomi Hanna, Jumat, 2 Februari 2018 | 06:31 WIB
Lima aturan yang tidak boleh kita lakukan saat mengunjungi kuil Thailand (Hanna Vivaldi)

Bobo.id – Salah satu tempat wisata budaya yang paling banyak dikunjungi di Thailand  adalah kuilnya. Ada begitu banyak kuil yang menarik untuk kita jelajahi.

Namun, seperti di Indonesia, saat kita mengunjungi tempat wisata tertentu, pasti ada aturan yang wajib diperhatikan oleh pengunjungnya.

Nah, begitu juga dengan kuil di Thailand ini, mereka membuat 5 aturan khusus yang harus kita patuhi saat berkunjung ke sana.

Yuk, kita lihat ada aturan apa saja!

1. Menghadapkan Telapak Kaki ke Depan

"Dalam tatakrama Buddha di Thailand, telapak kaki hanya untuk dihadapkan ke tanah, atau menginjak sesuatu," ujar Khun Suree, salah satu pemandu wisata dalam program Familiarization Trip Thailand Authority of Thailand (TAT)

Saat kita duduk di kuil, posisi telapak kaki tersebut sangat diperhatikan. Telapak kaki dilarang menghadap ke depan, atau ke arah Buddha.

Posisi duduk seperti selonjor dilarang, lo, teman-teman. Paling baik, jika posisi duduk, kita mengarahkan telapak kaki menghadap ke belakang.

2. Memakai Topi

Sama seperti tata krama yang ada di Indonesia, yaitu kurang sopan mengenakan topi di dalam ruangan, di Thailand tindakan seperti ini sudah menjadi larangan.

Dalam papan pemberitahuan kuil, wisatawan dilarang mengenakan topi dan ikat kepala.

3. Memanjat