Bisa Mengganti dan Menumbuhkan Sel, Inilah Tugas Penting Protein

By willa widiana, Jumat, 27 Juli 2018 | 17:00 WIB
Telur rebus mengandung protein dan karbohidrat yang baik untuk tubuh. (Pixabay)

Bobo.id – Air merupakan sumber cairan bagi tubuh kita, sedangkan karbohidrat merupakan sumber tenaga bagi tubuh kita. Kedua zat itu sangat penting bagi tubuh.

Namun, selain dua zat itu, tubuh kita juga memerlukan zat bernama protein. Seberapa pentingkah tugas yang dipegang oleh protein? Kita cari tahu bersama, yuk!

BACA JUGA:Waspada, 5 Hal Ini Akan Terjadi Kalau Kita Kekurangan Protein!

Mengganti Sel dan Jaringan

Di dalam tubuh kita ada sel dan jaringan. Setiap hari, ada sel dan jaringan yang rusak dan harus diganti. Zat yang bertugas mengganti sel dan jaringan yang rusak adalah protein.

Selain mengganti sel dan jaringan yang rusak, protein juga menjadi salah satu zat untuk menumbuhkan sel dan jaringan baru, lo, teman-teman

Sumber Tenaga

Karbohidrat adalah sumber tenaga bagi tubuh kita. Tak hanya karbohidrat, protein juga bisa menjadi sumber tenaga bagi tubuh, lo.

Makanan yang menjadi sumber protein itu banyak. Ada daging, ikan, susu, telur, kedelai, kacang-kacangan, dan beberapa jenis sayuran.

BACA JUGA:Unik! Sari Protein Ubur-Ubur Dijadikan Bahan Pembuat Es Krim

Menjaga Tulang Hingga Darah

Protein yang kita dapatkan dari makanan akan dicerna dan dipecah menjadi asam amino. Asam amino ini bisa digunakan untuk membuat protein lagi.

Protein yang terbuat dari asam amino biasanya digunakan untuk menjaga otot, tulang, darah, dan organ tubuh.