Ironman Triathlon, Olahraga yang Dianggap Paling Sulit di Dunia

By willa widiana, Selasa, 31 Juli 2018 | 14:23 WIB
Peserta memulai triathlon dengan berenang di laut. (MaxPixel)

Bobo.id – Olahraga itu ada banyak jenisnya. Namun, ada satu jenis olahraga yang cukup unik. Namanya Ironman Triathlon.

Olahraga Tersulit di Dunia

Ironman Triathlon diangga sebagai olahraga tersulit di dunia, karena peserta harus berenang, setelah itu bersepeda, dan diakhiri dengan berlari.

BACA JUGA:Anak yang Rajin Olahraga Lebih Cerdas Dibanding Anak yang Tidak

Saat olahraga dimulai, peserta harus berenang sejauh 3,86 kilometer. Setelah itu, peserta harus bersepeda sejauh 180,25 kilometer, dan berlari sejauh 42,20 kilometer.

Semua itu harus diselesaikan dalam waktu 17 jam. Berikut pembagiannya, Renang (2 jam 20 menit), bersepeda (8 jam 10 menit), dan berlari (6 jam 30 menit).

1978

Ide untuk mengadakan olahraga ini muncul pada tahun 1977. Namun, olahraga ini baru bisa diadakan pada 18 Februari 1978 di Hawaii.

BACA JUGA:Olahraga Lari Bisa Dilakukan di Kolam Renang, Ini Kelebihannya

Saat pertama kali diadakan, peserta yang mengikuti lomba ini ada 15 orang. Namun, hanya 12 peserta yang berhasil menyelesaikan lomba.

Orang yang menyelesaikan Ironman Triathlon pertama kali adalah Gordon Haller. Ia berhasil menyelesaikan lomba dalam waktu 11 jam, 46 menit, 58 detik.

Terkenal dan Diadakan Rutin

Olahraga ini terkenal dengan cepat. Meski termasuk olahraga tersulit di dunia, orang yang mengikuti olahraga ini tetap banyak.