Wah, Kurang Tidur Ternyata Dapat Membuat Kita Dehidrasi, Apa Sebabnya?

By Tyas Wening, Kamis, 8 November 2018 | 14:54 WIB
Tidur (Bobo.id)

Bobo.id - Tidur sangat dibutuhkan bagi tubuh kita, karena dapat mengembalikan energi yang sudah kita gunakan beraktivitas seharian.

Durasi atau jam tidur berbeda-beda tergantung usia, teman-teman, bagi anak-anak seperti kita, biasanya dibutuhkan 9 hingga 11 jam waktu untuk tidur.

Berdasarkan beberapa penelitian, tidur cukup berguna bagi tubuh kita, lo, seperti membantu pertumbuhan tubuh, membantu perkembangan otak, sampai berguna untuk ingatan kita.

Nah, sebuah penelitian terbaru mengungkapkan kalau tidur cukup di malam hari menghindarkan kita dari dehidrasi, teman-teman.

Baca Juga : Tubuh Biasanya Terasa Panas Saat Kita Marah, Kenapa Bisa Begitu?

Dehidrasi adalah kondisi di mana tubuh kita kekurangan cairan tubuh dan bisa menyebabkan terganggunya beberapa fungsi organ tubuh.

Penelitian ini menyatakan kalau kurang tidur dari 6 jam bisa membuat tubuh kita tidak terhidrasi dengan baik, dan menyebabkan urin atau air pipis menjadi lebih pekat, nih.

Orang yang hanya tidur 6 jam dalam sehari atau kurang dari itu juga memiliki risiko dehidrasi 16 hingga 50 persen lebih besar dari orang yang tidur cukup.

Para peneliti melakukan penelitian ini dengan cara melacak kembali sistem hormonal tubuh yang mengatur hidrasi atau cairan tubuh.