Bobo.id - Iklan terdiri dari dua macam, yaitu iklan media elektronik dan iklan media cetak. Kedua, sering kita temukan dalam kehidupan sehari-hari.
Apakah teman-teman tahu perbedaan antara iklan media elektronik dan iklan media cetak itu?
Dalam buku materi kelas 5 SD Tema 3, ada pembahasan tentang iklan obat sakit perut yang dibahas oleh dayu dan udin.
Kemudian, juga ada perintah untuk menyebutkan perbedaan antara iklan media elektronik dan iklan media cetak.
Apakah teman-teman sudah tahu perbedaan keduanya? Kalau belum, kita cari tahu, yuk!
Baca Juga: Cari Jawaban Kelas 5 SD Tema 3, Apa Saja Unsur-Unsur Iklan di Media Massa?
Berikut ini kunci jawabannya.
Perbedaan Iklan Media Cetak dan Iklan Elektronik
1. Iklan Media Cetak
Dalam KBBI, Iklan media cetak adalah iklan yang menggunakan sarana media massa yang dicetak dan diterbitkan secara berkala.
Contoh iklan jenis ini antara lain surat kabar atau koran, majalah, pamflet, dan sebagainya.
Meskipun iklan media cetak dan iklan media elektronik, sama-sama berfungsi untuk melakukan promosi sebuah barang ataupun produk.
Tetap saja, keduanya memiliki ciri yang khas. Sehingga memiliki perbedaan yang jelas.
Baca Juga: Ciri-Ciri Bahasa pada Iklan Elektronik, Materi Kelas 5 Tema 9 Subtema 2
Perbedaan tersebut antara lain:
- Iklan media cetak bersifat tertulis
- Menggunakan bahasa yang formal
- Banyak ditemukan di majalah, koran, dan tabloid
- Jenis iklan ini hanya bisa dibaca saja
- Jumlah kalimat sedikit, karena dibatasi oleh kolom dan tata letak
- Dapat disimpan dan dibaca kapan saja
2. Iklan Media Elektronik
Iklan media elektronik adalah iklan yang menggunakan sarana media elektronik, seperti televisi, radio, dan sebagainya.
Iklan media elektronik tentu saja berbeda dengan iklan media cetak.
Baca Juga: Cara Menentukan Kata Kunci dan Manfaat Kata Kunci dalam Iklan Media Cetak, Materi Kelas 5 Tema 3
Berikut ini kekhasan dari iklan media elektronik antara lain:
- Iklan bersifat lisan
- Bahasa iklan bisa formal ataupun non formal
- Menggunakan kalimat yang singkat, jelas, dan padat
- Iklan bisa didengar
- Memiliki gambar yang bisa bergerak
- Iklan hanya berlangsung saat itu saja
- Banyak ditemukan di televisi, radio, dan seterusnya.
Nah, itu tadi perbedaan antara iklan media cetak dengan iklan media elektronik. Keduanya memiliki perbedaan yang jelas. Sehingga bisa dibedakan dengan mudah.
Penjelasan ini dapat menjadi pedoman bagi orang tua untuk mendampingi kegiatan belajar di rumah.
Sumber: Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Tema 3, Kelas 5 SD.
Tonton video ini, Yuk!
----
Ayo, kunjungi adjar.id dan baca artikel-artikel pelajaran untuk menunjang kegiatan belajar dan menambah pengetahuanmu. Makin pintar belajar ditemani adjar.id, dunia pelajaran anak Indonesia.
Hati-Hati Kandungan Gula di Minuman Manis, Bagaimana Memilih Minuman yang Tepat?
Source | : | Materi Pelajar |
Penulis | : | Ikawati Sukarna |
Editor | : | Sarah Nafisah |
KOMENTAR