Bobo.id - Apakah teman-teman sering melihat iklan di rumah? Iklan bisa ditemukan di media massa, seperti majalah dan televisi.
Bagaimana penggunaan bahasa iklan dengan bahasa yang kita pergunakan dalam kehidupan sehari-hari?
Biasanya penggunaan kedua bahasa tersebut berbeda.
Dalam buku materi kelas 5 SD Tema 3, ada perintah untuk menentukan perbedaan bahasa iklan dan bahasa sehari-hari.
Baca Juga: Cari Jawaban Kelas 5 SD Tema 3, Apa Saja Unsur-Unsur Iklan di Media Massa?
Berikut ini akan dijelaskan kunci jawabannya.
Bahasa Iklan
Penggunaan bahasa iklan biasanya memiliki ciri tertentu. Hal ini dipakai untuk menunjukkan kelebihan barang atau benda yang sedang diiklankan.
Ciri-ciri bahasa iklan antara lain:
1. Bisa menggunakan bahasa formal dan non formal
Dalam iklan biasanya bahasa formal digunakan untuk jenis iklan media cetak, seperti majalah dan pamflet
Sedangkan bahasa nonformal biasanya digunakan untuk jenis iklan media elektronik.
2. Bahasa singkat, padat, dan jelas
Bahasa iklan itu cenderung singkat, padat, dan jelas, Karena saat membuat iklan ada Batasan waktu ataupun kolom yang harus ditaati.
3. Bersifat persuasif
Bahasa iklan itu mengandung kalimat mengajak. Tujuannya, untuk menarik perhatian dan minat pembaca agar membeli suatu produk.
Baca Juga: Cara Menentukan Kata Kunci dan Manfaat Kata Kunci dalam Iklan Media Cetak, Materi Kelas 5 Tema 3
4. Menggunakan Slogan
Dalam kalimat iklan biasanya ditemukan beberapa slogan.
Dalam KBBI, Slogan adalah perkataan atau kalimat pendek, mencolok, dan mudah diingat.
Biasanya slogan tersebut berfungsi untuk menjelaskan tujuan dari produk tersebut.
Bahasa Sehari-hari
1. Menggunakan bahasa yang santai
Penggunaan bahasa sehari-hari ditemukan Ketika ada interaksi antara seseorang dengan orang lain.
Biasanya bahasa sehari-hari itu bersifat santai. Fungsinya untuk menyampaikan maksud di dalam pikiran seseorang.
Banyak digunakan penggunaan kalimat-kalimat tidak foemal di sini, seperti cabai menjadi cabe, capai menjadi capek, dan seterusnya.
Namun, sering juga ditemukan penggunaan bahasa formal. Jika seseorang sedang berinteraksi dengan orang yang lebih tua atau dalam acara yang bersifat formal.
Baca Juga: Apa yang Dimaksud dengan Iklan? Inilah Pengertian, Unsur Pembentuk, dan Fungsinya
2. Bahasa jelas dan lengkap
Penggunaan bahasa sehari-hari cenderung lebih lengkap dan jelas. Alasannya, untuk menyampaikan maksud tertentu.
Selain itu, bahasa sehari-hari juga tidak dibatasi oleh waktu ataupun kolom tertentu.
3. Memiliki banyak sifat
Kalimat yang digunakan dalam bahasa sehari-hari, tidak hanya sebatas kalimat mengajak saja.
Tetapi juga ada kalimat perintah yang tujuan untuk memerintah orang lain, kalimat berita yang bertujuan memberi informasi penting kepada orang lain, dan sebagainya.
Nah, itu tadi perbedaan antara bahasa iklan dan bahasa sehari-sehari. Apakah teman-teman sudah paham? Penjelasan ini dapat menjadi pedoman bagi orang tua untuk mendampingi kegiatan belajar di rumah.
(Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Tema 3, Kelas 5 SD)
----
Ayo, kunjungi adjar.id dan baca artikel-artikel pelajaran untuk menunjang kegiatan belajar dan menambah pengetahuanmu. Makin pintar belajar ditemani adjar.id, dunia pelajaran anak Indonesia.
Source | : | Materi Pelajar |
Penulis | : | Ikawati Sukarna |
Editor | : | Iveta Rahmalia |
KOMENTAR