Bobo.id - Pada pelajaran tematik kelas 6 SD/MI tema Bumiku, subtema 1, perbedaan waktu dan pengaruhnya, tepatnya halaman 6, materinya adalah memperkirakan informasi penting berdasarkan judul teks nonfiksi dan membandingkan informasi penting pada teks nonfiksi sebelum dan setelah membaca teks.
Sebelum menemukan kunci jawabannya, teman-teman dapat menyimak materinya secara singkat terlebih dahulu.
Ketika kita membaca teks nonfiksi, pasti kita akan membaca judulnya terlebih dahulu lalu memperkirakan informasi apa saja yang akan didapatkan.
Selain itu di dalam judul biasanya terdapat kata kunci yang akan menjadi gambaran informasi pada isi teks.
Lalu, setelah kita membaca isi teks, baru bisa kita bandingkan. Apakah isi informasi yang tertulis sudah sesuai dengan perkiraan awal sebelum kita membaca teks.
Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai materi ini, teman-teman bisa membaca teks nonfiksi berikut dan kerjakan soalnya. Yuk, baca dengan saksama!
Upaya Pemerataan Pendidikan di Indonesia
Salah satu tujuan nasional yang tercantum dalam Pembukaan UUD NKRI Tahun 1945 adalah mencerdaskan kehidupan bangsa. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mencapai tujuan nasional tersebut adalah dengan pemerataan pendidikan di Indonesia. Pemerataan pendidikan di Indonesia dapat diwujudkan dengan cara meningkatkan berbagai faktor yang memengaruhi pendidikan di Indonesia.
Salah satu faktor yang perlu ditingkatkan sebagai upaya pemerataan pendidikan adalah peningkatan kualitas seorang pemimpin di sekolah agar dapat mempercepat pemerataan pendidikan. Kepemimpinan pendidikan merupakan hal yang penting untuk meningkatkan kualitas pendidik secara merata di seluruh wilayah Indonesia.
Pemerataan pendidikan juga dapat diupayakan dengan cara mengadopsi teknologi yang dapat menciptakan inovasi baru dalam pembelajaran. Pada masa seperti ini, adopsi teknologi dapat digunakan sebagai solusi untuk memudahkan akses dan tantangan yang tadinya sulit untuk dilakukan. Misalnya, saat ini guru dapat melakukan webinar tanpa perlu menghadiri tempat diadakannya seminar yang letaknya jauh dari tempat tinggal guru tersebut. Selain itu, adopsi teknologi yang baik juga mampu membentuk suatu pola belajar yang baru. Dengan melakukan adopsi teknologi, siswa dapat mengakses konten pembelajaran terbaik dan didukung oleh guru-guru yang sudah dilatih dengan baik.
Saat ini, Kemendikbud sedang memperjuangkan semua sekolah di seluruh wilayah Indonesia untuk bisa mendapatkan akses internet dengan baik. Akses internet merupakan salah satu hal yang dibutuhkan pada saat melakukan pembelajaran jarak jauh di masa pandemi Covid-19 seperti saat ini. Tidak hanya di daerah terpencil dan tertinggal, tetapi di provinsi yang sudah maju sekalipun juga masih saja ada wilayah yang belum terjangkau akses internet yang baik. Oleh karena itu, akses internet harus ditingkatkan hingga menjangkau ke seluruh pelosok negeri.
Bisa Mengisi Waktu Liburan, Playground Berbasis Sains Interaktif Hadir di Indonesia!
Source | : | Erlangga |
Penulis | : | Thea Arnaiz |
Editor | : | Iveta Rahmalia |
KOMENTAR