Bobo.id - Pada pelajaran tematik kelas 6 SD/MI tema globalisasi, subtema 1 globalisasi di sekitarku, pembelajaran Seni Budaya dan Prakarya (SBdP), materinya adalah reklame, tepatnya halaman 14.
Sebelum menemukan kunci jawabannya, teman-teman dapat menyimak materinya secara singkat terlebih dahulu.
Jika produsen sudah selesai membuat produknya, tentu harus didistribusikan oleh distributor agar sampai ke tangan konsumen.
Namun, sebelum konsumen menggunakan suatu produk, tentu mereka harus mengetahui informasi produk tersebut.
Oleh karena itu, biasanya produsen akan menggunakan media reklame untuk memperkenalkan barangnya kepada konsumen.
Sehingga, konsumen mengetahui informasinya dan tertarik untuk membeli produk tersebut.
Kita bisa menemukan berbagai macam bentuk reklame di tempat-tempat umum, baik dalam wujud aura, gambar, serta tulisan.
Untuk mengetahui lebih lanjut, kerjakanlah soalnya yang ada di buku. Apakah teman-teman sudah selesai mengerjakan soal-soalnya?
Kalau sudah, coba cocokkan dengan kunci jawaban di bawah ini, ya.
Apa yang kamu ketahui tentang reklame?
Jawaban:
Menurut Brata, reklame adalah suatu aktivitas yang bertujuan untuk menyampaikan ide, informasi barang atau jasa, agar menarik perhatian banyak orang terkait ide produk atau jasa yang sudah diinformasikan tersebut.
Reklame juga berarti alat publikasi suatu produk perusahaan berupa barang atau jasa yang menarik konsumen.
Oleh karena itu, reklame dibuat semenarik mungkin dengan warna, pemilihan huruf, gambar, dan tata letak yang sesuai.
Fungsi Reklame
- Memberikan informasi kepada konsumen tentang produk barang atau jasa.
- Memengaruhi konsumen untuk membeli atau ingin mencoba produk barang atau jasa yang ditawarkan.
- Memberikan kesan yang mendalam pada konsumen agar produknya selalu diingat.
- Memahami selera dan kebutuhan konsumen akan suatu produk barang atau jasa
- Menjadi media komunikasi antara produsen dengan konsumen.
Ciri-Ciri Reklame
- Dilakukan secara berulang-ulang
Baca Juga: Contoh Soal dan Pembahasan Materi tentang Proses Metamorfosis pada Hewan
- Isi reklame dibuat jujur dan tidak mengada-ngada
- Informasi yang disampaikan singkat, padat, dan jelas
- Dibuat semenarik mungkin dan sesuai dengan produk barang atau jasa yang sedang ditawarkan
Contoh-Contoh Reklame
- Baliho
Reklame yang menggunakan tulisan dan gambar yang dibuat menarik, serta dicetak besar dan dipasang di tempat khusus baliho.
- Brosur
Reklame yang dibagikan oleh produsen langsung kepada konsumen dan biasanya dibagikan di tempat-tempat umum.
- Buklet
Reklame yang berbentuk buku kecil dan dibuat beberapa lembar, berisi informasi lengkap mengenai produk barang atau jasa.
- Embalase
Baca Juga: Mempelajari Proses Daur Hidup Katak, Materi Kelas 3 SD Tema 1
Reklame yang biasanya dijadikan pembungkus produk barang dan berisi informasi bagi konsumen.
- Etiket
Reklame yang lengkap dan menarik dan biasanya diterima konsumen ketika membeli atau menggunakan produk barang atau jasa.
- Fulder
Reklame yang berisi informasi lengkap suatu produk barang atau jasa yang dicetak pada selembar kertas dan dilipat-lipat menjadi lebih kecil.
- Poster
Reklame yang dicetak pada kertas berukuran sedang dan berisi gambar dan tulisan yang menarik.
- Spanduk
Reklame yang dicetak di kain yang panjang dan dibuat semenarik mungkin dengan kalimat dan warna yang tepat.
Pembahasan dan jawaban ini bisa menjadi pemandu bagi orang tua dalam mendampingi anak selama belajar di rumah.
Baca Juga: Contoh Dialog dengan Greetings Atau Salam Pembuka dalam Bahasa Inggris
Sumber: Buku Siswa Kelas 6 SD/MI Tema Globalisasi, Kurikulum 2013 Revisi, Penerbit Masmedia.
---
Kuis! |
Apa yang dilakukan produsen setelah membuat barang atau jasanya? |
Petunjuk: Cek halaman 1! |
Tonton video ini, yuk!
----
Ayo, kunjungi adjar.id dan baca artikel-artikel pelajaran untuk menunjang kegiatan belajar dan menambah pengetahuanmu. Makin pintar belajar ditemani adjar.id, dunia pelajaran anak Indonesia.
Menuju Dua Dekade, National Geographic Indonesia Gelar Pameran Foto Sudut Pandang Baru Peluang Bumi
Source | : | Masmedia |
Penulis | : | Thea Arnaiz |
Editor | : | Iveta Rahmalia |
KOMENTAR