Bobo.id - Iklan merupakan informasi yang ditujukan pada masyarakat mengenai barang atau jasa.
Biasanya iklan dibuat semenarik mungkin. Agar dapat mencuri perhatian pembaca dan pembelinya.
Iklan terdiri dari dua macam, yaitu iklan media cetak dan iklan media elektronik. Kedua iklan ini sering kita temukan sehari-hari.
Pada buku tematik kelas 5 SD tema 3, kita diajak untuk menuliskan perbedaan antara iklan media cetak dan iklan media elektronik.
Apakah teman-teman sudah menemukan jawabannya?
Kali ini Bobo akan memberikan penjelasan tentang perbedaan iklan media cetak dan iklan media elektronik, simak, yuk!
Perbedaan Iklan Media Cetak dan Iklan Media Elektronik
1. Iklan Media Cetak
Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, iklan media cetak adalah iklan yang menggunakan sarana media massa yang dicetak dan diterbitkan berkala.
Contoh iklan jenis ini antara lain, seperti surat kabar atau koran, majalah, pamflet, dan lain sebagainya.
Saat ini, iklan yang ada di media cetak semakin berkembang karena memanfaatkan kemajuan teknologi.
Baca Juga: Cara Menentukan Kata Kunci dalam Iklan Media Cetak dan Manfaatnya, Materi Kelas 5 SD Tema 3
Kita bisa melihat bahwa iklan di media cetak tampil dalam beraneka ragam jenis kertas, ukuran, dan lain sebagainya.
Ada beberapa jenis iklan media cetak, seperti iklan baris, iklan kolom, iklan display, iklan brosur, iklan banner, hingga iklan spanduk.
Iklan media cetak memiliki karakteristiknya sendiri, antara lain:
- Disebarkan melalui media cetak.
- Dituliskan menggunakan bahasa semi-formal dan formal.
- Pemasangannya disesuaikan mengikuti kolom dan baris yang tersedia.
- Kebanyakan berisi tulisan daripada gambar atau angka.
- Hanya bisa dilihat atau dibaca saja.
- Bukan hanya promosi produk, namun juga jasa bahkan lowongan kerja.
- Dapat disimpan dan dibaca kapan saja.
2. Iklan Media Elektronik
Baca Juga: Cari Jawaban Kelas 5 SD Tema 3, Apa Perbedaan Iklan Media Cetak dan Iklan Media Elektronik?
Iklan media elektronik adalah iklan yang menggunakan media elektronik sebagai wadah dalam proses penyebarannya.
Ada banyak sekali contoh yang bisa kita temukan dari iklan jenis ini, seperti di internet, di televisi, maupun iklan radio.
Dilansir dari Kompas.com, iklan elektronik ini terbagi menjadi dua, yakni hanya suara (audio) atau suara dengan tampilan gambar (audio visual).
Iklan media elektronik ini juga memiliki karakteristik, antara lain:
- Bahasa yang digunakan menarik, mudah dipahami, dan persuasif.
- Punya durasi atau waktu yang cenderung singkat.
- Pilihan kata banyak menonjolkan informasi penting.
- Pemilihan kosakata harus menunjukkan sasaran yang dituju,
- Iklan ditampilkan hanya suara (audio) atau dengan gambar (audio visual).
- Wujud iklan hanya di media, tidak bisa dibaca kapan saja.
Nah, itulah beberapa perbedaan antara iklan media cerak dan iklan media elektronik. Semoga bisa bermanfaat untuk teman-teman, ya.
Baca Juga: Carilah Iklan Media Elektronik Berisi Anjuran untuk Menjaga Persatuan! Cari Jawaban Kelas 5 Tema 9
----
Kuis! |
Apa yang dimaksud dengan iklan media cetak? |
Petunjuk: cek di halaman 1! |
Tonton video ini, yuk!
----
Ayo, kunjungi adjar.id dan baca artikel-artikel pelajaran untuk menunjang kegiatan belajar dan menambah pengetahuanmu. Makin pintar belajar ditemani adjar.id, dunia pelajaran anak Indonesia.
Bisa Mengisi Waktu Liburan, Playground Berbasis Sains Interaktif Hadir di Indonesia!
Source | : | Kompas.com,Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) |
Penulis | : | Fransiska Viola Gina |
Editor | : | Sarah Nafisah |
KOMENTAR