Bobo.id - Setelah mempelajari materi tentang pengukuran luas, teman-teman kelas 4 SD akan mempelajari materi pengukuran volume pada Bab 4, Kurikulum Merdeka.
Di materi ini kita mempelajari cara mengukur volume dengan satuan tidak baku dan baku, serta mengonversi antara satuan baku.
Apa itu mengonversi?
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), mengonversi adalah melakukan konversi atau perubahan.
Sedangkan konversi diartikan sebagai perubahan dari satu bentuk (rupa, dan sebagainya) ke bentuk (rupa, dan sebagainya) yang lain.
Dalam pengukuran volume pada bab 4, konversi yang dimaksud adalah merubah satuan mililiter (ml) ke liter (l) atau sebaliknya.
Nah, pada halaman 126 - 128 dan 132 ada soal "Ayo Berlatih" yang harus kita kerjakan.
Kalau sudah teman-teman kerjakan, simak kunci jawabannya berikut ini, yuk!
Ayo Berlatih (halaman 126 - 128)
Ibu Helen mempunyai satu botol besar hand sanitizer.
Ibu Helen berencana menuangkan hand sanitizer dari botol besar ke botol yang lebih kecil.
Ibu Helen meminta bantuan Helen menyiapkan botol kecil untuk diisi hand sanitizer.
Baca Juga: Cari Jawaban Soal Ayo Berlatih Bab 4: Pengukuran Luas, Matematika Kurikulum Merdeka Kelas 4 SD
Helen mendapat tugas membantu Ibu untuk menuangkan hand sanitizer ke botol kecil.
Jadi, botol besar penuh hand sanitizer diisikan ke botol kecil sampai habis dan terdapat 8 botol kecil satuan yang terisi penuh hand sanitizer.
Dengan kata lain, volume 1 buah botol besar adalah sama dengan 8 botol kecil atau 8 satuan volume.
Kerjakan latihan berikut dengan cermat.
1. Hubungkan gambar dengan satuan volumenya dengan cermat.
2. Pada soal nomor 1, tentukan volume paling sedikit dan volume paling banyak?
3. Urutkan botol yang berisi hand sanitizer pada soal nomor 1 di samping mulai dari botol yang bervolume paling sedikit hingga botol yang bervolume paling banyak!
Kunci Jawaban:
1.
2.
Volume paling sedikit: Gambar d
Volume paling banyak: Gambar b
Baca Juga: Contoh Soal PAS Matematika Kelas 7 SMP Materi Menyederhanakan Bentuk Aljabar
3.
Urutan botol yang bervolume paling sedikit hingga botol yang bervolume paling banyak:
Gambar d, gambar e, gambar c, gambar a, gambar b.
---
Ayo Berlatih (halaman 132)
Kerjakan soal berikut pada buku tulis kalian.
1. Perhatikan gambar berikut dengan cermat.
Jawablah pertanyaan berikut:
a. Pada gambar di atas, sebutkan volume dari ketiga kotak susu tersebut?
b. Jumlahkan volume ketiga kotak susu tersebut dalam satuan mililiter?
2. Konversikan volume berikut ke dalam liter dan mililiter
a. 75.000 ml
b. 9.485 ml
c. 23.456 ml
3. Sebuah tangki air berisi 2.225 liter air. Pada siang hari 975 liter 325 ml air dipompa keluar dari tangki. Berapa banyak air yang tersisa di tangki?
4. Seorang tukang susu menjual 55 liter 575 ml susu pada hari pertama, 40 liter 480 ml pada hari kedua dan 60 liter 825 ml pada hari ketiga. Berapa jumlah susu yang dia jual selama tiga hari?
Kunci Jawaban:
1.
a. Susu 1: 250 ml; Susu 2: 1.000 ml; Susu 3: 200 ml
b. 250 ml + 1.000 ml + 200 ml = 1.450 ml
Jadi, 1.450 ml : 1000 = 1,45 liter
2.
a. 75.000 ml : 1000 = 75 liter
b. 9.485 ml : 1000 = 9,485 liter
c. 23.456 ml : 1000 = 23, 456 liter
3. Air di tangki: 2.225 liter, yang dikeluarkan: 975 liter 325 ml atau 975 liter + 0,325 liter = 975,325 liter
Jadi, 2.225 liter - 975,325 liter = 1.249,675 liter
4.
Hari pertama: 55 liter 575 ml susu
Hari kedua: 40 liter 480 ml susu
Hari ketiga: 60 liter 825 ml susu
Total: 55 liter 575 ml + 40 liter 480 ml + 60 liter 825 ml = 156 liter 115 ml
Nah, itulah tadi pembahasan dan kunci jawaban soal ayo berlatih halaman 126 - 128 dan halaman 132 pada materi pengukuran volume.
Sumber: Buku Matematika untuk SD/MI Kelas IV, Penerbit: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, 2022.
---
Kuis! |
Apa yang dimaksud dengan konversi? |
Petunjuk: Cek halaman 1! |
Lihat juga video ini, yuk!
----
Ingin tahu lebih banyak tentang sains, dongeng fantasi, cerita misteri, dan dunia satwa? Teman-teman bisa berlangganan Majalah Bobo dan Mombi SD.
Untuk berlangganan, teman-teman bisa mengunjungi Gridstore.id.
Contoh Bentuk Kesenian Tradisional di Indonesia, Materi Kelas 4 SD Kurikulum Merdeka
Penulis | : | Sarah Nafisah |
Editor | : | Sarah Nafisah |
KOMENTAR