Bobo.id - Teman-teman pasti pernah melihat sebuah iklan, kan? Kalau pernah, di mana kamu melihatnya?
Iklan bisa kita lihat di televisi, majalah, koran, atau bahkan di jalan saat kita sedang bepergian.
Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), iklan adalah berita pesanan untuk mendorong, membujuk khalayak ramai agar tertarik pada barang dan jasa yang ditawarkan.
Pola penyajian iklan dibagi menjadi dua, yaitu penyajian iklan melalui media cetak dan melalui media elektronik.
Nah, sekarang kita cari tahu terlebih dahulu apa saja macam-macam iklan media cetak, yuk!
Macam-Macam Iklan Media Cetak
Karakter utama dari iklan adalah menggunakan bahasa tertulis untuk menyampaikan pesan-pesannya.
Selain mengutamakan kejelasan dalam kata-katanya, iklan di media cetak mengandalkan desain grafis. Misalnya, warna, bentuk huruf, tata letak, dan gambar-gambar.
Iklan di media cetak memiliki beberapa macam berdasarkan keluasan ruang atau space-nya:
1. Iklan Baris
Iklan baris adalah iklan yang pemasangannya berupa baris-baris. Teks yang disajikannya sangat terbatas.
Baca Juga: Cari Jawaban Kelas 4 SD Pelajaran Bahasa Indonesia, Sebutkan Jenis-Jenis Iklan Elektronik!
Tidak ada gambar atau ilustrasi-ilustrasi dalam iklan ini. Teks pun biasanya banyak disingkat agar lebih ringkas.
Iklan baris biasanya dimanfaatkan oleh perorangan dan perusahaan-perusahaan kecil.
2. Iklan Kolom
Iklan kolom adalah iklan yang pemasangannya dalam media berupa kolom-kolom. Oleh karena itu, biasanya bentuknya besar.
Selain menggunakan teks, iklan ini sering pula menggunakan gambar dan beragam ilustrasi untuk menarik target.
3. Iklan Display
Iklan display memiliki ukuran lebih luas dibanding iklan kolom.
Iklan display merupakan iklan yang berisi hanya kata-kata dan gambar, foto, ataupun media-media grafis lainnya.
4. Iklan Advertorial
Iklan advertorial termasuk iklan sejenis iklan display. Namun, teknik penyampaiannya
mirip berita.
Contoh iklan advertorial, yaitu iklan berkaitan dengan pelayanan jasa kesehatan, pengobatan alternatif, pengenalan perusahaan ataupun produk baru dengan informasi yang lebih rumit.
Baca Juga: Cari Jawaban Kelas 5 SD Tema 3, Apakah Ciri-Ciri yang Dimiliki oleh Bahasa Iklan Elektronik?
Nah, itulah pembahasan tentang macam-macam iklan media cetak. Sekarang, kita cari tahu apa saja unsur-unsur pembentuk iklan, yuk!
Unsur-Unsur Pembentuk Iklan
1. Sumber
Sumber adalah pemasang iklan, yang berinisiatif, dan penyandang dana dari pemasangan suatu iklan.
2. Pesan
Pesan adalah informasi yang disampaikan. Bentuknya bisa berupa pesan verbal dan pesan nonverbal.
3. Media
Media adalah sarana yang digunakan, misalnya media cetak, elektronik, dan sarana-saran lainnya.
4. Penerima
Penerima adalah individu atau kelompok masyarakat yang menjadi sasaran atau objek iklan.
5. Efek
Baca Juga: 4 Kelemahan dari Reklame Jenis Billboard, Materi Kelas 6 SD/MI
Efek adalah perubahan yang terjadi pada diri penerima, baik itu dalam aspek sikap, pola pikir, perilaku, kebiasaan, dan pola hidup.
6. Umpan Balik
Umpan balik adalah tanggapan, reaksi, atau respons yang dikehendaki dari penerima pesan, misalnya dengan membeli produk yang ditawarkan dan melakukan/menghindari sesuatu.
Sumber: Buku Bahasa Indonesia/ Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.-- . Edisi Revisi Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2017.
----
Kuis! |
Apa saja pola penyajian iklan? |
Petunjuk: cek di halaman 1! |
Lihat juga video ini, yuk!
----
Ingin tahu lebih banyak tentang pengetahuan seru lainnya, dongeng fantasi, cerita bergambar, cerita misteri, dan cerita lainnya? Teman-teman bisa berlangganan Majalah Bobo.
Untuk berlangganan, teman-teman bisa mengunjungi Gridstore.id.
Penulis | : | Sarah Nafisah |
Editor | : | Sarah Nafisah |
KOMENTAR