Bobo.id - Pada materi kelas 5 SD tema 9 subtema 2, kita akan belajar bersama serba-serbi tentang iklan elektronik.
Sebagai pengantar, kita diminta untuk mengamati sebuah gambar di halaman 67 tentang sebuah ruangan yang sedang dibersihkan.
Di ruangan keluarga pada gambar itu, ada beberapa jenis alat elektronik, seperti televisi, radio, hingga komputer, teman-teman.
Televisi, radio, dan layanan internet di komputer punya salah satu fungsi yang sama, yakni sebagai sarana promosi atau iklan.
Oleh karena itu, semakin berkembangnya zaman seperti sekarang ini, muncul istilah populer tentang media promosi, yakni iklan elektronik.
Berdasarkan media yang menyajikan iklan, televisi, radio, dan layanan internet di komputer bisa disebut sebagai unsur iklan elektronik.
Lalu, apa yang dimaksud dengan iklan elektronik, Bo? Untuk mengetahui jawabannya, simak informasi berikut ini, yuk!
Dengan berkembangnya zaman, media elektronik semakin marak dimiliki dan digunakan oleh masyarakat.
Hal ini pun memicu perkembangan iklan yang awalnya menggunakan media cetak sudah mulai merambah ke media elektronik.
Secara sederhana, iklan elektronik adalah iklan yang muncul, tampil, atau terdengar di berbagai media elektronik.
Mulai dari radio, televisi, dan internet. Meski begitu iklan di tiga media ini memiliki karakteristiknya masing-masing.
Baca Juga: Mengenal 3 Jenis Iklan Elektronik dan Karakteristiknya, Materi Kelas 5 SD
Promosi ini dilakukan dengan menerbitkan atau menampilkan iklan, baik berupa video, audio, maupun visual.
Iklan elektronik menggunakan kata bernada saran dan banyak menonjolkan informasi penting terkait produknya.
Bahasa yang digunakan pada iklan elektronik juga harus menarik agar mudah dipahami dan langsung tertuju pada target konsumen.
Dalam menyajikan iklan elektronik, harus memperhatikan beberapa unsur iklan agar bisa menarik perhatian masyarakat.
Berikut ini Bobo akan menjelaskan secara umum mengenai unsur iklan menarik agar bisa menarik target konsumen, antara lain:
Iklan yang baik harus bisa menarik perhatian masyarakat umum. Oleh karena itu, iklan harus dibuat sebaik mungkin.
Yap, pembuat iklan tentu saja membutuhkan ide kreatif agar masyarakat yang melihat iklan menjadi tertarik.
Dengan begitu, maka orang yang melihat iklan itu menjadi tertarik membeli maupun menggunakan jasa yang diinginkan.
Setelah pembuat iklan berhasil menarik perhatian dari masyarakat, maka langkah selanjutnya adalah menarik minat.
Yap, iklan harus bisa menarik minat calon konsumen untuk mencari tahu tentang produk atau bahkan membeli produk itu.
Unsur ini harus ada karena tanpa adanya minat dari para konsumen, maka suatu iklan akan berjalan sia-sia.
Baca Juga: Cari Jawaban Kelas 4 SD Pelajaran Bahasa Indonesia, Sebutkan Jenis-Jenis Iklan Elektronik!
Unsur iklan elektronik secara umum agar bisa menarik khalayak luas adalah keinginan atau bahasa Inggrisnya desire.
Keinginan ini merupakan unsur iklan yang berfungsi untuk menggerakkan hati atau keinginan calon konsumen.
Unsur ini memiliki kaitan dengan segmen serta preferensi dari masyarakat yang dijadikan sebagai target atau sasaran iklan.
Rasa percaya atau conviction merupakan unsur dalam iklan yang berfungsi mendapatkan rasa percaya dari calon konsumen.
Oleh karena itu, iklan harus dibuat untuk mencapai suatu tujuan tertentu, seperti memberi edukasi dan bukannya menipu.
Pembuat iklan harus membuat iklan produk atau jasa sesuai dengan kenyataan dan tidak melebih-lebihkannya.
Ketika iklan itu dibuat tidak sesuai kenyataan, maka bisa menimbulkan rasa kecewa pada konsumen. Iklan jadi sia-sia.
Unsur iklan elektronik secara umum agar bisa menarik khalayak luas adalah tindakan atau bahasa Inggrisnya action.
Tindakan merupakan tujuan akhir dari pengiklan untuk bisa menarik konsumen agar membeli atau menggunakan produk/jasa.
Namun agar semua unsur ini bisa tercapai, pengiklan harus mengetahui metode atau strategi yang digunakan untuk membuat iklan yang baik.
Nah, itulah penjelasan terkait apa yang dimaksud dengan iklan elektronik. Semoga informasi ini bisa bermanfaat, ya.
Baca Juga: Cari Jawaban Kelas 5 SD Tema 3, Apakah Ciri-Ciri yang Dimiliki oleh Bahasa Iklan Elektronik?
----
Kuis! |
Apa saja yang termasuk media elektronik? |
Petunjuk: cek di halaman 1! |
Lihat juga video ini, yuk!
----
Ingin tahu lebih banyak tentang pengetahuan seru lainnya, dongeng fantasi, cerita bergambar, cerita misteri, dan cerita lainnya? Teman-teman bisa berlangganan Majalah Bobo.
Untuk berlangganan, teman-teman bisa mengunjungi Gridstore.id.
Ikuti juga keseruan rangkaian acara ulang tahun Majalah Bobo yang ke-50 di majalah, website, dan media sosial Majalah Bobo, ya! #50TahunMajalahBobo2023
Source | : | Kompas.com,Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 |
Penulis | : | Fransiska Viola Gina |
Editor | : | Sarah Nafisah |
KOMENTAR