Bobo.id - Pada materi kelas 5 SD tema 9 subtema 2, kita akan belajar bersama tentang hidup rukun di lingkungan sekitar.
Kerukunan berarti proses sosial yang dilakukan untuk menciptakan kehidupan bersama atas dasar perbedaan yang ada.
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, rukun merupakan baik dan damai, tidak bertengkar, bersatu hati, dan bersepakat.
Sementara, hidup rukun adalah hidup saling berbagi, menghormati, menghargai, dan berdampingan dengan orang lain.
Dari pengertian itu, tentu bisa dipahami bahwa hidup rukun adalah tindakan yang akan mendatangkan kebaikan di lingkungan.
Dengan menerapkan hidup rukun, maka akan menjadikan suasana damai dan terlindungi dari berbagai masalah kehidupan.
Oleh karena itu, konsep hidup rukun ini sangat diperlukan dalam masyarakat majemuk seperti yang terjadi di Indonesia ini.
Pada buku tematik halaman 115, ada dua gambar yang menunjukkan peristiwa yang mengutamakan kerukunan.
Nah, kita diminta mengamati gambar itu dan menjawab pertanyaan yang ada di bawahnya. Simak alternatif jawaban berikut ini, yuk!
Apa yang dikerjakan anak-anak dalam gambar? Apakah mencerminkan kerukunan saat di sekolah? Tuliskan pendapatmu pada kotak berikut.
Baca Juga: 15 Wujud Perilaku untuk Hidup Rukun sebagai Warga Masyarakat, Materi Kelas 5 SD
Jawaban:
Menurut saya, anak-anak pada gambar tersebut sedang merapikan buku-buku yang ada di perpustakaan sekolah.
Ada total tiga anak yang bekerja sama merapikan buku di perpustakaan. Artinya, gambar itu mencerminkan kerukunan di sekolah.
Hal ini karena anak-anak sudah menerapkan adanya perilaku saling pengertian di antara mereka untuk tetap menjaga fasilitas sekolah.
Selain itu, anak-anak sekolah itu juga mengutamakan kepentingan bersama di atas kepentingan pribadinya sendiri.
Apa yang dikerjakan oleh bapak-bapak pada gambar di atas? Di manakah sikap atau perilaku pada gambar sering dilakukan?
Jawaban:
Gambar itu menunjukkan bahwa bapak-bapak sedang melakukan ronda keliling kampung dengan siskamling (sistem keamanan lingkungan).
Sikap atau perilaku yang ada pada gambar itu sering dilakukan dan bisa ditemukan di lingkungan masyarakat.
Ronda dan siskamling ini adalah bagian dari usaha masyarakat bersama untuk menjaga keamanan lingkungan tempat tinggal.
Baca Juga: Cari Jawaban Kelas 5 SD Tema 9, Apa Manfaat Hidup Rukun bagi Dirimu?
Dengan keamanan ini, diharapkan masyarakat dapat hidup lebih tenang, harmonis, dan merasa nyaman tinggal di tempat itu.
Setelah mengidentifikasi gambar yang ada di halaman 116, selanjutnya kita diminta menjawab pertanyaan yang ada di halaman 116.
Jawaban:
Jika di depan rumahku ada kegiatan membersihkan lingkungan, dengan penuh semangat saya ikut membantu sesuai kemampuan.
Kalau tak ikut bersih-bersih, aku juga bisa membantu Ibu untuk menyiapkan beberapa makanan untuk orang yang kerja bakti.
Jawaban:
- Kehidupan menjadi lebih harmonis
- Kehidupan menjadi lebih aman sentosa
- Kehidupan menjadi lebih tenteram dan damai
- Dapat memperkuat persatuan dan kesatuan
- Tidak adanya perselisihan atau konflik antar warga.
Nah, itulah alternatif jawaban yang bisa digunakan untuk menjawab soal halaman 115-116. Semoga informasi ini bisa bermanfaat, ya.
Baca Juga: 4 Cara Hidup Rukun yang Bisa Dicontoh, Materi Kelas 3 SD Tema 4
----
Kuis! |
Apa yang dimaksud dengan hidup rukun? |
Petunjuk: cek di halaman 1! |
Lihat juga video ini, yuk!
----
Ingin tahu lebih banyak tentang pengetahuan seru lainnya, dongeng fantasi, cerita bergambar, cerita misteri, dan cerita lainnya? Teman-teman bisa berlangganan Majalah Bobo.
Untuk berlangganan, teman-teman bisa mengunjungi Gridstore.id.
Ikuti juga keseruan rangkaian acara ulang tahun Majalah Bobo yang ke-50 di majalah, website, dan media sosial Majalah Bobo, ya! #50TahunMajalahBobo2023
Source | : | Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 |
Penulis | : | Fransiska Viola Gina |
Editor | : | Sarah Nafisah |
KOMENTAR