Bobo.id - Pada materi kelas 5 SD tema 9, kita akan belajar tentang unsur iklan radio, iklan televisi, dan iklan internet.
Menurut KBBI, iklan adalah pesan untuk mendorong khalayak agar tertarik pada barang dan jasa yang ditawarkan.
Dulu, iklan hanya disampaikan lewat media cetak, misalnya koran, majalah, atau selebaran di pinggir jalan.
Namun seiring perkembangan zaman, promosi juga disampaikan melalui media elektronik. Itulah iklan elektronik.
Promosi ini dilakukan dengan menerbitkan atau menampilkan iklan, baik berupa video, audio, maupun visual.
Di era sekarang ini, iklan elektronik banyak dipilih karena bisa menjangkau masyarakat yang lebih luas.
Di buku halaman 71, kita diminta mengisi tabel unsur iklan elektronik radio, iklan televisi, dan iklan internet.
Apakah teman-teman sudah menemukan jawabannya? Berikut ini Bobo akan berikan alternatifnya. Simak, yuk!
Iklan radio memiliki kekuatan pada unsur audio atau suara untuk menarik perhatian dan minat para pendengar.
Penggunaan musik atau efek suara sangat mendukung hasil produksi dalam pembuatan iklan radio.
Karena hanya ada satu unsur pada iklan elektronik radio, maka iklan radio harus dibuat dengan sejelas mungkin.
Baca Juga: 3 Jenis Iklan Elektronik: Radio, Televisi, Internet, Materi Kelas 5 SD
Caranya adalah dengan membuat narasi yang jelas dan ditambah komponen lain, seperti musik dan efek suara.
Beberapa unsur lainnya yang perlu diperhatikan dalam iklan radio untuk menarik masyarakat luas, yakni:
- Sasaran atau target pendengar yang ingin dicapai.
- Produk atau layanan yang akan diiklankan.
- Narasi dan gaya penyampaian dari announcer.
- Suara dari penyiar atau pengisi suara iklan radio.
- Efek musik dan backsound pendukung.
Iklan elektronik di televisi memiliki dua unsur, yakni unsur audio atau suara dan visual atau gambar, lo.
Selain itu, gambar yang ditampilkan pada iklan televisi juga ditampilkan dalam gambar gerak berupa video.
Maka, iklan ini bisa dilihat dengan jelas dan pesan yang disampaikan juga bisa diketahui dengan jelas.
Pesan di iklan televisi tidak hanya disampaikan dalam dialog atau narasi, tapi juga bisa dari tulisan dan gerak.
Baca Juga: Apakah Ciri-Ciri yang Dimiliki oleh Bahasa Iklan? Materi Kelas 5 SD
Iklan dalam televisi menggunakan aksi, emosi, dan demonstrasi untuk ciptakan pesan iklan yang menarik.
Ini artinya, secara umum, iklan televisi terdiri dari dua unsur atau elemen penting, antara lain:
- Audio, berupa suara, musik, jingle, sound effect.
- Visual, berupa warna dan alur cerita.
Iklan internet atau iklan online kini sangat mudah ditemui dalam berbagai situs-situs yang ada di internet.
Iklan elektronik yang ada di internet memiliki unsur-unsur yang hampir mirip dengan iklan elektronik di televisi.
Yap, secara umum, iklan elektronik memiliki unsur seperti audio atau suara, gambar atau visual, dan gerak.
Bedanya, di internet ada iklan yang hanya memiliki salah satu unsur, yakni unsur audio saja atau unsur visual saja.
Ini artinya, ada iklan internet yang hanya berupa suara atau audio, tanpa adanya gambar sama sekali.
Tapi, ada juga iklan internet yang menampilkan gambar, video, atau tulisan tanpa adanya unsur suara.
Nah, itulah unsur-unsur iklan radio, televisi, dan internet. Semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk teman-teman, ya.
Baca Juga: Unsur Iklan Elektronik Radio, Televisi, dan Internet, Cari Jawaban Kelas 5 SD
----
Kuis! |
Apa yang dimaksud dengan iklan? |
Petunjuk: cek di halaman 1! |
Lihat juga video ini, yuk!
----
Ingin tahu lebih banyak tentang pengetahuan seru lainnya, dongeng fantasi, cerita bergambar, cerita misteri, dan cerita lainnya? Teman-teman bisa berlangganan Majalah Bobo.
Untuk berlangganan, teman-teman bisa mengunjungi Gridstore.id.
Ikuti juga keseruan rangkaian acara ulang tahun Majalah Bobo yang ke-50 di majalah, website, dan media sosial Majalah Bobo, ya! #50TahunMajalahBobo2023
Source | : | Kompas.com,Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 |
Penulis | : | Fransiska Viola Gina |
Editor | : | Bobo.id |
KOMENTAR